Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa Sebelum Ujian Sekolah. (Pexels.com/Jessica Lewis Creative)

Matamata.com - Ujian sekolah telah menanti pelajar begitu libur lebaran 2023 usai. Sejumlah siswa sekolah memang akan segera dihadapkan pada ujian yang menjadi momen krusial dan mendebarkan. Mengingat hasil ujian memiliki peran yang cukup penting untuk kelanjutan pendidikan pada jenjang selanjutnya.

Selain belajar dengan maksimal, para siswa perlu dukungan secara spiritual melalui doa sebelum ujian sekolah berlangsung. Sama seperti aktivitas harian lainnya, ketika ujian sekolah dimulai ada pula doa khusus yang dapat dipanjatkan untuk memudahkan dan melancarkan jalannya ujian.

Doa-doa tersebut dapat dipanjatkan ketika belajar, sebelum masuk ruang ujian, hingga sebelum mulai mengerjakan soal. Doa-doanya berisi harapan agar Allah SWT memberikan petunjuk pada pilihan jawaban yang benar serta memberikan kemudahan dan kelancaran. Berikut kumpulan doa sebelum ujian yang bisa dihafal dan diamalkan.

Baca Juga:
Bacaaan Doa Buka Puasa Syawal 6 Hari, Lengkap dengan Terjemahan

1. Doa agar mudah menghafal materi pelajaran

Sebelum ujian para siswa tentunya harus belajar terlebih dahulu untuk mengingat kembali materi yang sudah diajarkan. Serta menghafal beberapa materi penting ataupun rumus-rumus perhitungan. Menghafal mungkin tidak terlalu mudah bagi sebagian siswa, tapi tak perlu cemas karena ada doa untuk mempermudah mengingat hafalan dari materi pelajaran yaitu:

Allahumma innii astaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin.

Baca Juga:
5 Doa Supaya Suami Tidak Selingkuh, Amalkan Setiap Hari

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan semesta alam.

2. Doa sebelum ujian sekolah agar diberi kemudahan

Kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian adalah harapan dari semua murid. Sebab dengan kemudahan itu kemungkinan untuk menjawab dengan benar menjadi lebih besar. Untuk bisa mendapat kemudahan ketika ujian sekolah jangan lupa lafalkan doa ini sebelum mulai mengerjakan soal.

Baca Juga:
Doa Terhindar dari Kemaksiatan, Muslim Wajib Tahu

Allaahumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahla wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahla.

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.

3. Doa sebelum ujian sekolah agar diberi dilancarkan

Dimudahkan saat mengerjakan ujian sekolah bukan satu-satunya harapan yang dipanjatkan siswa. Sebab kelancaran selama proses ujian juga menjadi faktor penting untuk kesuksesan dalam ujian. Tidak akan maksimal sebuah ujian meski soal yang mudah jika prosesnya penuh hambatan dan tidak lancar. Maka berdoalah dengan doa berikut supaya ujian yang dilalui diberikan kelancaran tanpa hambatan.

Rabbi yassir wa a'in wa laa tu'assir.

Artinya: Wahai Tuhanku, mudahkanlah urusanku, bantulah aku, dan jangan Engkau persulit.

4. Doa sebelum ujian sekolah

Sebelum memulai ujian sekolah ada baiknya untuk menenangkan diri dengan berdoa dan berselawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ketenangan jiwa Insya Allah akan diraih jika sebelum ujian melantunkan doa kepada Allah SWT. Adapun bunyi doanya yaitu:

Robbanaa aatinaa minladunka rahmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: Wahai Tuhanku, berikanlah kepada kami rahmatMu dan sempurnakan atas kami petunjuk yang benar dalam urusan kami.

5. Doa sebelum ujian agar jawaban yang disampaikan dapat dimengerti dan diterima oleh penguji

Ujian sekolah umumnya dilakukan dengan ujian tulis. Meski tak banyak tetapi ada juga yang menerapkan ujian lisan. Ketika menjawab ujian lisan terkadang lidah jadi kaku karena cemas sehingga jawaban yang diucapkan bisa jadi bertele-tele. Oleh karenanya ada doa supaya penguji bisa mengerti jawaban yang disampaikan serta agar lidah kita tidak kaku saat menjawab.

Rabbishrohli shodrii, wa yassirlii amri, wahlul 'uqdatammin lisaani, yafqahu qauli.

Artinya:Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

6. Doa setelah selesai ujian

Setelah ujian dilakukan bukan berarti selesai pula doa-doa yang dipanjatkan. Sebab usai ujian ada doa penutup yang dapat dipanjatkan sebagai harapan agar ujian yang sudah berlalu memberi hasil terbaik.

Allahumma arinal haqqo haqqo warzuqnat tiba'ah wa arinal batila batila warzuqnajtinabah.

Artinya: Ya Allah, tunjukkanlah kebenaran kepada kami sebagai kebenaran dan karuniakanlah kepada kami untuk mengikutinya, serta tunjukkanlah kebatilan kepada kami sebagai kebatilan dan karuniakanlah kepada kami untuk menjauhinya.

Setelah mengamalkan doa-doa sebelum ujian sekolah tadi, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah bertawakal kepada Allah SWT dan berbaik sangka bahwa hasil ujian yang dilalui akan sesuai dengan harapan.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More