Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa Melamar Wanita. (istock.com)

Matamata.com - Sebelum memasuki proses pernikahan, biasanya kita mengenal adanya tradisi melamar. Saat akan melamar wanita calon istri, pria muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa terlebih dahulu.

Tujuannya tentu saja agar dilancarkan prosesnya serta dineri kenerkahan hingga pernikahan nanti.
Dalam islam sendiri, kita diajarkan untuk selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sehari-hari.

Apalagi untuk momen penting seperti melamar wanita yang dikasihi sebelum akhirnya memasuki babak baru kehidupan, yakni pernikahan. Lantas, apakah doa melamar wanita? Berikut bacaan dan artinya.

Baca Juga:
Tata Cara dan Doa Ruqyah Anak Rewel

Pengertian Melamar Menurut Islam

Dalam islam lamaran dikenal dengan istilah khitbah. Jika dilihat dari segi bahasa, khitbah memiliki arti meminta, melamar, atau meminang seorang perempuan untuk dijadikan sebagai istri.

Khitbah sendiri adalah salah satu proses atau jembatan menuju pelaminan yang dianjurkan oleh islam. Sementara itu menurut Kompilasi Hukum Islam (KHI), Khitbah adalah sebuah upaya untuk menuju ke arah terwujudnya perjodohan antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga:
Doa Mencari Barang Hilang agar Cepat Ketemu

Biasanya khitbah dikenal sebagai prosesi lamaran dimana pihak keluarga laki-laki berkunjung ke rumah calon mempelai perempuan.

Dalam pertemuan tersebut, pihak keluarga laki-laki akan mengungkapkan tujuannya yakni mengajak mempelai perempuan untuk membangun rumah tangga atau menikah.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa lamaran sendiri merupakan tahap yang cukup penting sebelum menuju ke gerbang pernikahan. Untuk itu, agar proses selanjutnya berkah dan lancar, maka calon mempelai laki-laki dianjurkan membaca doa saat melamar wanita.

Baca Juga:
Doa Tahlil untuk Doakan Kerabat yang Meninggal Dunia

Doa Sebelum Melamar Wanita

Sebelum memutuskan untuk melamar wanita sebaiknya baca doa berikut ini saat melakukan sholat sunah hajat.

Allahumma innaka taqdiru wa lâ aqdiru wa lâ a’lamu wa anta ‘allâmul ghuyûbi. Fa in ra`aita lî fî (.....) khairan fî dînî wa âkhiratî faqdirhâ lî.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Men-takdir-kan, dan bukanlah aku yang men-takdir-kan. Dan (Engkau) Maha Mengetahui apa yang tidak kuketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara diriku dan (..... [sebutkan nama calon pasangan bin/binti ayahnya]) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku bersamanya.”

Doa Melamar Wanita

Agar proses lamaran senantiasa diberi kelancaran dan dijauhkan dari godaan setan selalu menggoda manusia, bacalah doa berikut ini:

Allahummaj’al haadzihil khitbah khitbatan mubaarokatan mushlihatan daaimatan abadan zhoohiran wa baathinan awwalan wa aakhiron bi rohmatika yaa arhamar roohimiin.

Robbanaa taqobbal minnaa innaka antas samii’ul ‘aliim wa tub ‘alainaa innaka antat tawwaabur rohiim. Da’waahum fiihaa subhaanakalloohumma wa tahiyyatuhum fiihaa salaam wa aakhiru da’waahum anil hamdu lillaahi robbil ‘aalamiin.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah peminangan ini sebagai peminangan yang bermanfaat, yang diberkahi, yang membawa kebaikan dan yang langgeng (berlangsung baik) selama-lamanya, secara lahir dan batin, di permulaan dan di akhir, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan paling penyayang di antara para penyayang.

Wahai Allah, terimalah doa kami, sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah tobat kami, sungguh Engkau Maha Menerima tobat lagi Maha Penyayang.

Doa mereka di surga adalah sub-haanakalloohumma (Mahasuci Engkau, wahai Tuhan kami), salam penghormatan mereka ialah salam (sejahtera dari segala bencana), dan penutup doa mereka adalah alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin (segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam).”

Nah, itu dia pengertian melamar beserta bacaan doa yang dapat diamalkan. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More