Nur Khotimah | MataMata.com
Film Tentang Perceraian. (IMDb)

Matamata.com - Selain menghibur film juga bisa memberikan banyak pelajaran. Tak terkecuali dengan film tentang perceraian dimana kita bisa belajar tentang cinta ataupun kehidupan rumah tangga.

Tentunya tidak ada satupun pasangan yang menginginkan pernikahan mereka berakhir dengan perceraian. Namun, terkadang perceraian bisa menjadi solusi terbaik jika dalam rumah tangga tak lagi ada kecocokan dan dipenuhi pertengkaran.

Meski begitu, perceraian tidak pernah mudah baik selama proses maupun setelahnya. Bahkan bukan hanya pasangan saja yang bakal terkena dampaknya, orang di sekitar terutama anak juga bisa jadi korban.

Baca Juga:
4 Fakta Menarik The Childe, Film Baru Kim Seon Ho dan Kang Tae Joo dari Sutradara The Witch

Nah, berikut ini ada sederet film tentang perceraian yang dapat dijadikan tontonan sekaligus pelajaran, Apa saja? Yuk, intip daftarnya!

1. Her

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

Tak sedikit perceraian terjadi karena keputusan sepihak. Seperti di film 'Her' dimana Theodore menjadi pria yang kesepian setelah bercerai dari istri tercinta. Kondisi kesepian ini pun membuat Theo jatuh cinta dengan software komputer bernama Samantha.

Baca Juga:
Sinopsis The Equalizer 3, Film Terakhir Denzel Washington Jadi Robert McCall

2. It's Complicated

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

It's Complicated adalah film komedi percintaan yang mengeksplorasi kondisi mental pasangan yang sudah bercerai, yakni Jake dan Jane. Suatu saat, mereka bertemu kembali untuk menghadiri acara kelulusan sang anak hingga akhirnya terbawa suasana.

Keduanya menghabiskan malam bersama padahal Jake telah menikah lagi dan Jane sedang memulai hubungan baru.

Baca Juga:
Demi Suguhkan Efek Neraka Sungguhan, Film Siksa Neraka Siapkan Budget Rp5 M

3. Blue Valentine

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

Film ini menyuguhkan perjalanan cinta pasangan mulai dari tahap pendekatan hingga menikah dan akhirnya bercerai. Dibintangi oleh Michelle Williams dan Ryan Gosling, Blue Valentine disajikan dalam dua alur waktu, yakni masa pendekatan hingga menikah dan masa di ambang perceraian.

4. Talak 3

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

Talak 3 dibintangi Laudya Cynthia Bella, Vino G Bastian, danb Reza Rahardian. Cerita film ini berfokus pada rumah tangga Bagas dan Risa yang penuh pertengkaran hingga akhirnya Bagas mentalak tiga istrinya.

Namun suatu ketika keduanya ingin rujuk, sayangnya hal tersebut tak bisa dilakukan karena Risa harus menikah terlebih dahulu dengan orang lain dan berpisah lagi jika ingin rujuk dengan Bagas. Film ini mengajarkan kita bauwa untuk memutuskan keputusan penting seperti perceraian sebaiknya tidak gegabah.

5. A Whisker Away

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

Gambarkan bagaimana dampak perceraian pada anak, A Whisker Away mengisahkan Miyo yang tinggal bersama ayah dan istri barunya setelah bercerai.

Meski dari luar Miyo terlihat ceria dan bahagian hidup bersama ibu tirinya, namun sebenarnya ia masih menyimpan keengganan melanjutkan hidup setelah perceraian orang tuanya.

6. The Falls

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

The Fall adalah film Taiwan yang menceritakan tentang kisah pedih seorang ibu yang mengalami perceraian. Suasana rumah yang ditinggalinya dengan sang anak begitu suram.

Hal itu karena sang ibu masih terjebak dengan kenangan di rumah dan tak mau pindah meski tengah mengalami kesulitan finansial.

7. Take This Waltz

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

Film ini menceritakan tentang Morgot yang telah bersuami, berselingkuh dengan Daniel hingga akhirnya bercerai. Namun, setelah perceraiannya Morgot justru mulai merasa menyesal telah meninggalkan sang suami demi pria lain.

8. Marriage Story

Film Tentang Perceraian. (IMDb)

Film bergenre romantis ini berpusat pada pasangan suami istri yang tengah menjalani proses perceraian. Nyatanya proses tersebut tak hanya memakan waktu yang lama namun juga menguras emosi dan energi.

Nah, itu dia sederet film tentang perceraian yang dapat memberikan pelajaran tentang kehidupan rumah tangga maupun setelah perpisahan.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More