Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Salma. (Instagram/salmasalsabil12)

Matamata.com - Nama Salma keluar sebagai juara Indonesian Idol 2023. Kemenangan Salma ini diraih setelah berhasil mengalahkan Nabilah dalam grand final yang digelar pada (22/5/2023) kemarin malam.

Keluarnya Salma sebagai juara dirasakan sangat tepat karena ia menjadi finalis yang paling konsisten sejak awal kompetisi. Setiap penampilannya selalu memukau dan tidak pernah mengecewakan. Para juri pun merasa jika Salma memang pantas menjadi juara.

Berkat kemenangannya, kini banyak yang penasaran dengan profil Salma. Yuk, kenalan lebih dekat dengan gadis berhijab asal Probolinggo yang bersuara emas ini.

Baca Juga:
Ungguli Nabila, Salma Jadi Juara Indonesian Idol 2023

1. Latar Belakang Salma Indonesian Idol 2023

Profil Salma. (Instagram/salmasalsabil12)

Salma lahir di Probolinggo, Jawa Timur pada 12 Februari 2002 dengan nama asli Salma Aliyyah Putri Mandaya. Ia akrab dipanggil dengan panggilan Salma Salsabil, akun media sosialnya pun menggunakan nama panggilannya. Gadis berusia 21 tahun ini sukses memikat pecinta musik sejak menjadi finalis Indonesian Idol musim ke-12.

Saat ini Salma tercatat sebagai mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Salma juga dengan bangga menyebut nama kampusnya saat ia mengungkap rasa bahagia usai dinyatakan jadi pemenang dalam malam grand final Indonesian Idol.

Baca Juga:
Ditanya Siapa Juara Indonesian Idol XII, Beda Jawaban Salma dan Nabila Jadi Sorotan

2. Jebolan Idola Cilik

Profil Salma. (Instagram/salmasalsabil12)

Bakat bernyanyi Salma sudah ditemukan dan diasah sejak kecil. Terbukti saat usianya baru 10 tahun, Salma ikut ajang Idola Cilik. Mungkin tak banyak yang tahu jika Salma adalah jebolan Idola Cilik musim keempat yang digelar pada tahun 2012 silam. Salma berhasil masuk hingga babak 10 besar. Sayangnya langkah Salma terhenti di babak 9 besar karena ia tereliminasi.

Tak putus asa, Salma kembali mengikuti sejumlah ajang pencarian bakat mulai dari The Voice Kids Indonesia Season 1, Rising Star Indonesia Season 2, The Voice Indonesia Season 3, hingga Sunsilk Hijab Hunt. Sayangnya dari banyaknya ajang yang diikuti Salma masih belum beruntung. Tapi Salma tak menyerah dan ia kembali ikut audisi ajang pencarian bakat. Salma akhirnya berhasil jadi finalis Indonesian Idol.

Baca Juga:
Profil Nabila Taqiyyah, Calon Juara Indonesian Idol 2023 yang Masih 18 Tahun

3. Aktif di media sosial

Profil Salma. (Instagram/salmasalsabil12)

Sejak menjadi finalis Indonesian Idol, jumlah pengikut Salma di media sosial terus bertambah. Kini akun Instagram miliknya @salmasalsabil12 telah memiliki 544 ribu pengikut. Tak hanya Instagram, Salma juga aktif di TikTok dengan akun @slmlyyh12.

Lewat akun TikTok, Salma memperdengarkan suara merdunya saat mengcover lagu populer. Gadis berhijab dan berkacamata itu pun punya akun YouTube bernama Dominic Music. Lewat YouTube Salma membagikan konten cover lagu dan juga aktivitasnya sebagai seorang mahasiswa yang harus mengerjakan banyak tugas kuliah.

4. Jadi juara Indonesian Idol 2023

Profil Salma. (Instagram/salmasalsabil12)

Setelah berulang kali ikut berbagai ajang pencarian bakat, Sama berhasil lolos menjadi finalis Indonesian Idol musim ke-12 saat usianya 20 tahun. Sosoknya segera mencuri perhatian karena suara uniknya dan penampilan kerennya dengan dengan gitar saat audisi.

Penampilannya selalu mencuri perhatian karena selalu konsisten memberikan penampilan terbaiknya. Sosoknya menerima banyak sorotan usai tampil apik dalam Superstar 8. Konsistensi Salma mengantarnya menjadi juara Indonesian Idol 2023.

Itu tadi profil Salma juara Indonesian Idol 2023 yang sukses memukau semua penggemar dan dewan juri sejak awal kompetisi dimulai. Bahkan ketika audisi, Salma pun mendapat 5 yes dari juri. Kini Salma yang masih mahasiswa siap meramaikan panggung musik Tanah Air dengan suara dan gayanya yang unik. Sekali lagi selamat Salma atas kemenangannya, ditunggu karya-karya selanjutnya!

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More