Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Makeup (saintbysandraofficial)

Matamata.com - Bagi pemilik kulit berminyak yang cenderung memiliki karakteristik kulit mengkilap dengan pori-pori tampak besar, tentunya penting mempertahankan make up dengan mengetahui tips di bawah ini.

Simak 5 tips makeup tahan lama yang dapat dicoba oleh pemilik kulit berminyak untuk mendapatkan membuat make up tahan lama dan anti luntur.

1. Gunakan moisturizer dan sunscreen yang tepat

Baca Juga:
Ibu Empat Anak, Wajah Tanpa Make Up Celine Evangelista Diomongin

Sebelum menggunakan make up, tentunya penting bagi kita untuk tetap mengaplikasikan skincare, terutama moisturizer dan sunscreen sebagai proteksi dari sinar UV.

Bagi yang memiliki kulit berminyak, tentunya penting memilih moisturizer dan sunscreen yang tepat, seperti yang berbahan dasar air, bebas kandungan minyak, parfum dan noncomedogenic.

2. Gunakan primer untuk kulit berminyak

Baca Juga:
Ngobrolin Film Baru, Wajah Laudya Chintya Bella Tanpa Make Up Bikin Salfok

Bagi pemilik kulit berminyak penting untuk menggunakan primer yang dapat menahan minyak serta memperkecil tampilan pori-pori. 

Adapun primer yang tepat digunakan untuk pemilik kulit berminyak adalah primer yang bebas minyak dan tidak mudah luntur. Selain itu, pastikan primer yang digunakan bertekstur gel atau krim yang ringan dengan hasil akhir matte.

3. Gunakan foundation dengan hasil akhir matte

Baca Juga:
Kecantikan Lesti Kejora Jadi Model Busana Terbaru Zaskia Sungkar Bikin Bingung: Muka Aslinya Sayu, Beda Kalo di Make Up

Ciri-ciri kulit berminyak biasanya wajah akan terlihat mengkilap sehingga membuatnya lebih cocok menggunakan foundation dengan hasil akhir matte.

Apabila pemilik wajah kulit berminyak menggunakan foundation dengan hasil akhir dewy, tentunya akan membuat wajah semakin terlihat mengkilap.

4. Gunakan produk yang tidak menambah hidrasi

Disarankan bagi pemilik kulit berminyak untuk tidak menggunakan produk-produk make up yang memiliki kandungan hidrasi dan mampu mengikat kandungan air di dalam kulit.

Dibandingkan make up berbahan dasar liquid, tampilan makeup berbahan dasar powder akan terlihat lebih baik digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

5. Gunakan setting spray 

Kandungan minyak berlebih pada wajah akan membuat make up menjadi lebih cakey dan mengkilap. Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik kulit berminyak dapat menggunakan setting spray pada tahap akhir make up.

Setting spray sendiri memiliki kegunaan untuk memperpanjang umur hasil riasan, membuat highlighter lebih berkilau dan wajah terasa jauh lebih lembab tanpa kesan berminyak.

Demikian 5 tips yang dapat dicoba bagi pemilik kulit berminyak untuk membuat tampilan make up lebih tahan lama dan anti luntur. (Ruth Meliana)

Load More