Yohanes Endra | MataMata.com
Profil, Biodata Lengkap, dan Agama Iko Uwais (Instagram/iko.uwais)

Matamata.com - Iko Uwais menjadi salah satu sorotan dalam pertandingan "Bahkan Voli" pada Sabtu (26/8/2023) lalu. Selain permainannya yang cukup bagus, Iko Uwais sempat kedapatan akan menggertak wasit.

Iko Uwais rupanya tak terima saat serve yang dilakukannya dianggap keluar oleh wasit. Rekan-rekan di The Actor langsung mencegah Iko Uwais yang berniat menghampiri wasit, tetapi itu semua ternyata hanya gimmick semata.

Dikenal luas sebagai aktor kawakan yang membintangi film The Raid, simak profil, biodata lengkap, dan agama Iko Uwais berikut ini.

Baca Juga:
8 Artis yang Dulunya Pesepak Bola, Ada Iko Uwais

1. Profil Iko Uwais

Profil, Biodata Lengkap, dan Agama Iko Uwais (Instagram/iko.uwais)

Iko Uwais bukan hanya seorang aktor, tetapi juga atlet Pencak Silat. Sejak usia 10 tahun, Iko Uwais telah belajar Pencak Silat aliran Betawi di perguruan Tiga Berantai milik sang paman.

Iko Uwais pernah mendapatkan gelar pesilat terbaik di Kejuaraan Silat Nasional. Berkat Pencak Silat, Iko Uwais bisa pergi ke luar negeri di usia muda.

Baca Juga:
Sinopsis The Expendables 4 yang Trending di YouTube, Iko Uwais Lawan Jason Statham

Selain silat, Iko Uwais ternyata pernah menekuni olahraga sepak bola. Iko Uwais sempat mengikuti Liga-B sebagai gelandang, sayangnya klub yang menaunginya bangkrut.

Iko Uwais adalah seorang sopir di perusahaan telekomunikasi sebelum ditemukan Gareth Evans untuk bergabung dalam Merantau (2007), Film Terbaik di Action Fest 2010.

Selanjutnya Iko Uwais dan Sutradara Gareth Evans bekerja sama dalam film The Raid yang sukses besar. Berkat The Raid, Iko Uwais menerima tawaran bermain film Hollywood.

Baca Juga:
Sudah Bertemu Pelapor, Begini Akhir Kasus Dugaan Penganiayaan oleh Iko Uwais

Iko Uwais telah bermain dalam film Netflix Wu Assassins (2019). Bulan depan, September 2023, film terbaru Iko Uwais berjudul Expend4bles akan tayang di bioskop.

2. Biodata Lengkap Iko Uwais

Profil, Biodata Lengkap, dan Agama Iko Uwais (Instagram/iko.uwais)

Iko Uwais merupakan nama panggung Uwais Qorny, pria asli Betawi yang lahir di Jakarta pada 12 Februari 1983. Ia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Mustapha Kamaluddin dan Maisyaroh Kamaluddin.

Iko Uwais menikah dengan Audy Item pada 2012. Kini Iko Uwais berstatus sebagai ayah dua anak perempuan, yakni Atreya Syahla Putri Uwais dan Aneska Layla Putri Uwais.

3. Agama Iko Uwais

Profil, Biodata Lengkap, dan Agama Iko Uwais (Instagram/iko.uwais)

Agama Iko Uwais sejak lahir adalah Islam. Salah satu buktinya adalah nama asli Iko Uwais, Uwais Qorny, yang juga merupakan nama pengikut terbaik Rasulullah SAW seperti diriwayatkan dalam Hadits Muslim.

Dalam hadits tersebut, Uwais Qorny diceritakan sebagai sosok pemuda yang salah dan sangat memuliakan ibunya. Bahkan dalam salah satu kisah, Uwais Qorny menggendong sang ibunda wukuf di Arafah dan Thawaf di Ka'bah.

Itu dia profil, biodata lengkap, dan agama Iko Uwais yang banyak dicari tahu. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More