Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Wanita Laptop Meja Ruang (Pixabay/pexels)

Matamata.com - Dengan hadirnya teknologi digital saat ini, peluang para pencari kerja untuk melamar pekerjaan atau mencari lowongan kerja bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. Kini, mencari kerja sekaligus melamar pekerjaan bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah karena semua bisa dilakukan secara online.

Mencari kerja secara online tentunya juga memerlukan persiapan yang matang, mulai dari mencari lowongan kerja yang tersedia, mengirimkan CV dan dokumen lamaran lainnya, hingga interview online. Persiapan tentunya wajib dilakukan pelamar agar selama proses melamar pekerjaan berjalan baik dan lancar. Kemungkinan untuk diterima di perusahaan yang dilamar pun akan semakin besar. Oleh karena itu diperlukan tips dan trik untuk mencari kerja secara Online agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Dalam mencari lowongan pekerjaan secara online, internet memegang peran yang sangat penting dan sangat besar. Penggunaan internet yang baik dapat memastikan Anda mendapatkan pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan yang Anda cari. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk mencari kerja secara online;

Baca Juga:
Temani Maudy Ayunda Kerja, Sikap Jesse Choi Disorot: Beruntungnya Kau Pak!

1. Persiapkan CV Anda Sebaik Mungkin

Pastikan untuk membuat CV yang menarik dan jujur, hindari berbohong apalagi jika terkait jenjang pendidikan. Ketika lowongan kerja tersebut mensyaratkan hanya pelamar dengan lulusan S-2, tetapi Anda memiliki ijazah S-1, jangan melamarnya. Memanipulasi jenjang pendidikan menjadi lebih rendah juga tidak diperbolehkan. Ada alasan mengapa perusahaan hanya memberikan kesempatan untuk lulusan SMA/SMK saja, lulusan sarjana saja, hingga lulusan magister saja.

Pihak perusahaan akan dengan mudah mengecek background pendidikan Anda sehingga akan ketahuan jika berbohong. Saat membuka rekrutmen, HRD akan melakukan background screening kepada para pelamar. Inilah mengapa jika ketahuan berbohong tentang pendidikan, Anda akan didiskualifikasi dari daftar kandidat. Tidak hanya soal pendidikan, pengalaman kerja pun tak luput jadi perhatian HRD saat melakukan perekrutan. Untuk itu jangan sampai memanipulasi CV hanya agar terlihat bagus.

Baca Juga:
Aaliyah Massaid Ogah Kerja Kalau Tak Disuruh, Auto Dibandingkan dengan Fuji: Terlahir dari Keluarga Old Money

2. Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Mencari kerja secara online tentu saja membutuhkan jaringan internet cepat dan stabil, oleh karena itu pastikan provider internet yang digunakan mampu memenuhi kedua kebutuhan tersebut. Koneksi internet yang cepat akan membuat segala aktivitas melamar kerja secara online dapat dilakukan dengan lancar, mulai dari mengirim dokumen, hingga melakukan interview online.

3. Pastikan Situs dan Aplikasi Pencari Kerja Resmi

Baca Juga:
Bedu Merendahkan Diri Demi Bisa Dapat Kerja dari Raffi Ahmad: Bawain Tas Lu Juga Gak Apa-apa Fi

Pastikan situs yang Anda pilih resmi dan memiliki reputasi yang baik serta terpercaya. Kelebihan dari situs dan aplikasi pencari kerja resmi adalah jaminan penanganan secara profesional bila terjadi isu.

Cara mengetahuinya situs dan aplikasi resmi adalah dengan melihat daftar perusahaan terverifikasi yang ada, ulasan para pencari dan penyedia pekerjaan pada laman situs. Situs dan aplikasi resmi juga biasanya diakui oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

4. Buatlah Halaman Profil yang Menarik dan Lengkap

Pastikan untuk mengunggah foto yang rapi, sopan, dan terlihat profesional. Sertakan juga deskripsi diri singkat, serta informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon. Bila dirasa perlu, cantumkan juga akun-akun media sosial yang Anda miliki.

Pastikan untuk mengunggah resume atau CV terbaru yang berisi data diri, informasi pendidikan dan pengalaman kerja. Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja permanen maka bisa mencantumkan pengalaman magang, freelance, part-time, atau proyek-proyek lain yang pernah dikerjakan. Bila memiliki keterampilan khusus, pastikan untuk dijelaskan apakah teknis atau interpersonal. Pastikan mengisi CV atau resmue dengan sejujur mungkin.

Dengan adanya kelebihan yang dimiliki internet ini, membuat pencarian lowongan pekerjaan lebih efisien dan mudah diakses, sehingga membantu para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda. Perusahaan pun akan lebih mudah menemukan Anda yang memang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Load More