Yohanes Endra | MataMata.com
UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Expo Maret 2024 yang ke-37. (istimewa)

Matamata.com - Sebagai upaya mempersiapkan para lulusan memasuki industri kerja, Universitas Indonesia (UI) --dalam hal ini melalui Career Development Center (CDC) UI-- menyelenggarakan UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Expo Maret 2024 yang ke-37. UI menggandeng KarirLab dan mendapat dukungan dari 161 mitra, di antaranya 55 mitra perusahaan, 12 lembaga beasiswa, 21 lembaga kewirausahaan, 44 mitra media, 28 mitra perguruan tinggi, dan 1 mitra telekomunikasi.

UI CISE Expo merupakan career fair hybrid pertama dan terbesar di Indonesia yang diadakan untuk membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi, memberikan kemudahan akses bagi seluruh mitra untuk terhubung langsung dan merekrut mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, dan pencari kerja. Selain itu, kegiatan ini juga turut menjadi sarana untuk meningkatkan engagement dan saling berjejaring bagi satu mitra dengan mitra lainnya.

Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., mendukung penuh kegiatan UI CISE Expo Maret 2024. Ia mengatakan, melalui acara ini diharapkan dapat mengenalkan kepada mahasiswa tentang dunia profesi sejak dini.

Baca Juga:
Viral! Happy Asmara Akhirnya Buka Suara soal Hubungan Asmara dengan Gilga Sahid

UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Expo Maret 2024 yang ke-37. (istimewa)

Dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi dan berbagai mitra dapat menyediakan lulusan perguruan tinggi yang kompeten serta siap bersaing di dunia kerja.

“Mereka tidak hanya belajar melalui kampus, tetapi juga belajar bagaimana situasi dunia kerja agar nantinya siap memasuki dunia kerja. Kompetensi khusunya softskill dibutuhkan di dunia kerja melalui pengalaman-pengalaman profesional, seperti magang dan studi independen yang dilakukan melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Prof. Nizam. Ia menambahkan, melalui kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mengeksplor lebih banyak lagi tentang dunia kerja.

Menyambung hal tersebut, Ketua Penyelenggara UI CISE Expo Maret 2024, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH., menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai platform untuk menghubungkan para mahasiswa dan alumni UI serta masyarakat umum dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. Selain itu, memberikan fasilitas bagi lulusan yang ingin melanjutkan studi atau memulai usaha sendiri.

Baca Juga:
Terbongkar Alasan Cerai! Tak Pernah Kasih Nafkah, Anang Justru Porotin dan Numpang Hidup ke Krisdayanti: Bahkan, Iri dengan Kesuksesan Mantan Istri

Lebih lanjut, selain mempertemukan para mahasiswa dan lulusan dengan berbagai mitra perusahaan, mahasiswa dan lulusan juga memerlukan skill untuk mengambil pilihan yang tepat. “Oleh karena itu, UI CISE Expo Maret 2024 menyediakan seminar dan webinar untuk membekali para pencari kerja dan para penempuh pasca dunia pendidikan tinggi untuk dapat memilih dengan baik agar dapat yakin dengan pilihannya,” kata Direktur Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni UI, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring sejak 20 Februari hingga 31 Maret 2024 dan acara utama dilaksanakan secara tatap muka di Balairung, Kampus UI Depok, pada 8-9 Maret 2024. Pada kegiatan yang berlangsung secara tatap muka dihadiri oleh ribuan mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, dan pencari kerja. Pada kesempatan ini, peserta dapat menjelajahi booth perusahaan dan lembaga serta menghadiri sesi company talk dan exclusive company session untuk mendapatkan informasi terkait pekerjaan, magang, beasiswa, dan kewirausahaan.

Untuk menambah keseruan, di tengah rangkaian acara UI CISE Expo Maret 2024 terdapat lomba Stand Up Career Comedy dan membagikan doorprize berupa perangkat elektronik yang
bermanfaat bagi lulusan baru dan mahasiswa. Selain itu, tersedia juga fasilitas pengembangan resume yang dipandu oleh talent acquisition dari KarirLab.

Baca Juga:
Krisdayanti Sempat Tak Restui Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Menikah? Yang Pasti Tantangannya Besar

Para mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, dan pencari kerja masih mempunyai kesempatan hingga 31 Maret 2024 untuk mengunjungi halaman web uicise.karirlab.co yang merupakan platform terintegrasi menggunakan teknologi One-Stop Integrated Career Fair Management yang membantu proses perekrutan menjadi lebih mudah. Sejak dibukanya platform terintegrasi ini, Co-Founder dari KarirLab, Stephanus Wicardo, menyampaikan bahwa terdapat 477 lowongan pekerjaan, 36,41 ribu pengguna, dan 498,5 ribu kunjungan pada halaman web tersebut.

UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Expo Maret 2024 yang ke-37. (istimewa)

Tentang Career Development Center Universitas Indonesia

Career Development Centre Universitas Indonesia (CDC-UI) merupakan unit yang mewadahi mahasiswa/lulusan UI menuju karir yang diinginkan. CDC-UI juga berfungsi sebagai pusat pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai. CDC-UI bertujuan untuk menjadi mediator antara pencari kerja (mahasiswa/lulusan) dengan perusahaan/instansi/industri yang membutuhkan tenaga kerja. CDC-UI berada di bawah Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI dan saat ini dipimpin oleh Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH. CDC-UI memiliki dua klien utama: mahasiswa/lulusan (UI dan non-UI) dan perusahaan/instansi/industri.

Baca Juga:
Keinginan Terakhir Donny Kesuma Tak Dipenuhi Keluarga: Papa Sebenarnya Ingin Dimakamkan di Garut

Tentang KarirLab

KarirLab adalah platform yang bergerak di bidang edu tech dan HR tech, yang menyediakan layanan pengembangan karir dan profesional. KarirLab menghubungkan mahasiswa, kampus, dan para pencari kerja dengan berbagai mitra perusahaan, serta membantu persiapan lulusan baru untuk beralih ke dunia kerja dengan percaya diri. Adapun layanan yang tersedia bagi para lulusan baru ialah: cek resume, informasi terkait lowongan yang telah dikurasi dan lamar kerja dengan fitur easy-apply, serta berbagai webinar dan workshop persiapan kerja; maupun untuk pengembangan karir. Sedangkan layanan yang tersedia bagi mitra perusahaan ialah publikasi lowongan kerja, layanan kurasi pelamar, employer branding page, event (Company Talk), sampai dengan inhouse training. Kunjungi
karirlab.co untuk info lebih lengkap.

Load More