Riki Chandra | MataMata.com
Dewi Kam, wanita terkaya di Indonesia. [Dok.Istimewa]

Matamata.com - Majalah Forbes telah merilis daftar orang terkaya di Indonesia jelang akhir tahun 2023. Meski didominasi laki-laki, ada sejumlah nama perempuan di Tanah Air yang ternyata konglomerat. Mereka tercatat memiliki kekayaan triliunan rupiah.

Berikut daftar perempuan terkaya di Indonesia versi majalah Forbes 2023.

1. Dewi Kam

Dewi Kam merupakan wanita terkaya se Indonesia. Majalah Forbes mencatat kekayaan Dewi Kam mencapai US$ 4,45 miliar atau setara Rp 69,86 triliun. Dewi Kam merupakan pemilik saham di Bayan Resources.

Selain itu, Dewi juga tercatat dalam database offshore leaks International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). Bersama dengan Mohamad Abdullah Jasin, dia terafiliasi dengan dua perusahaan yang berdomisili di British Virgin Islands dan Samoa.

Dewi Kam tercatat sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di British Virgin Islands, dan pemegang saham Overseas Finance Ltd yang bertempat di Samoa.

Dewi Kam merupakan nominee director Execorp Limited, dan nominee Shareholder Portcullis Nominees (BV) Limited, dan Sharecorp Limited.

Kemudian, berdasarkan laporan dari Indonesia Corruption Watch, Dewi Kam turut terdaftar sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation Virgin Islands Inggris dan punya peranan dalam PLTU Cilacap di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah. Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut, proyek PLTU Cilacap dikembangkan oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P).

Load More