Riki Chandra | MataMata.com
Rizal Ramli. [Dok.Suara.com]

Matamata.com - Ekonom asal Padang, Rizal Ramli, meninggal dunia pada hari Selasa (2/1/2024). Kabar duka itu telah menyebar di sejumlah grup WhatsApp.

Mantan Menko Kemaritiman itu menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dalam usia ke-69 tahun.

"Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Telah berpulang kerahmatullah, senior kita Dr. Rizal Ramli, hari ini di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Selasa 2 Januari 2024 Jam 19.30 WIB. Semoga Almarhum Bang Rizal Husnul Khotimah. Aamiin," tulis seseorang dalam grup WhatsApp Forum Ekonomi Sumbar.

Profil Rizal Ramli

Rizal Ramli lahir pada 10 Desember 1954 di Padang, Sumatera Barat. Semasa hidupnya, Rizal pernah menikah dua kali. Pertama dengan Herawati Moelyono yang meninggal dunia karena penyakit kanker.

Setelahnya, Rizal Ramli menikah dengan Marijani. Ia pun ditinggal sang istri karena meninggal dunia karena penyakit kanker juga.

Dalam pendidikan, Rizal Ramli menyelesaikan S1-nya di jurusan Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sosoknya juga dikenal sebagai orang aktivis yang kritis saat berkuliah. Bahkan, Rizal Ramli sampai pernah dipenjara oleh rezim Presiden Soeharto di masa Orde Baru.

Di tengah kesibukannya sebagai seorang aktivis, Rizal berhasil menyelesaikan pendidikan S2-nya di Boston University, Amerika Serikat. Di sana ia mengambil jurusan ekonomi dan lulus pada usia 36 tahun.

Setelah berhasil mendapatkan gelar doktor di Amerika Serikat, Rizal Ramli pulang ke Indonesia. Ia kemudian mendirikan ECONIT Advisory Group bersama dengan rekan-rekan ekonom lainnya. Lembaga yang didirikannya itu selalu kritis pada kebijakan pemerintah yang berkuasa.

Load More