Baktora | MataMata.com
Debat Capres-Cawapres perdana tanpa meja dapat kritikan dari masyarakat dan pengguna media sosial. (YouTube/KPU RI)

Matamata.com - Polemik penunjukkan stasiun televisi penyelenggara debat capres ketiga yang akan dioperasikan oleh MNC masih diragukan sebagian kubu pasangan calon nomor urut 1 dan 2.

Bukan tanpa alasan, kredibilitas MNC dipertanyakan menyusul pemilik medianya adalah Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo yang mendukung paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Kekhawatiran pun muncul dari tim pemenang Prabowo-Gibran termasuk AMIN, di mana MNC bisa mendominasi hingga tak netral ketika debat berjalan. Meski begitu, Wakil Ketua Tim Pemenang Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menegaskan bahwa MNC Group akan bertindak profesional.

"Satu hal yang perlu kita cermati bahwa MNC Group ini kan satu media yang profesional. Saya yakin mereka tidak akan mempertaruhkan reputasi dan kredibilitas MNC Group sebagai media yang profesional," terang TG dikutip Jumat (5/1/2024).

Menegaskan bahwa MNC akan bertindak profesional, bagaimana media televisi dan media konvensional lainnya bisa mempengaruhi pendukung atau masyarakat untuk memilih salah satu paslon?.

Bahasan ini memang harus kembali membuka kondisi bagaimana media di Indonesia bergerak. Sejauh UU Pers berjalan, yang turunannya akan disesuaikan dengan media massa untuk memproduksi berita, tentu diwajibkan indpenden.

Artinya masing-masing media tak diperbolehkan untuk mendukung salah satu paslon dalam konteks Pemilu 2024 ini. Namun tak dipungkiri, pemilik media di Indonesia kebanyakan adalah politikus dan pemilik partai yang menjalin komunikasi politik oleh pemerintahan.

Terlepas dari kondisi tersebut, media massa dibangun dengan tujuan untuk memberikan edukasi, menyebar informasi yang berimbang dan independen tanpa bergantung siapa sosok orang berpengaruh di baliknya. Kendati begitu berbicara bisnis media, para pekerjanya tak lepas bagaimana mereka menjaga nama baik  pemiliknya agar tetap bisa bertahan.

Load More