Riki Chandra | MataMata.com
Ilustrasi vitamin D. [Dok.Antara]

Matamata.com - Ibu hamil perlu mendapatkan asupan vitamin D. Pasalnya, vitamin D bisa mencegah keguguran berulang hingga bayi lahir prematur.

Hal itu dinyatakan dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG, SubspesKFm(K).

"Ternyata mereka yang kekurangan vitamin D itu lebih mudah terjadi keguguran berulang. Jadi mereka yang hamil kemudian gugur lagi lalu gugur lagi ternyata mereka kekurangan vitamin D," ujar Damar, Senin (8/1/2024).

Menurut Damar, kekurangan vitamin D juga dapat berkontribusi pada kondisi serius seperti preeklamsia, yang dapat membahayakan nyawa ibu dan bayi.

Preeklamsia adalah peningkatan tekanan darah atau hipertensi pada ibu hamil, yang apabila kondisinya berat dapat memicu kejang hingga kematian.

Selain itu, kata dia, ibu hamil yang kekurangan vitamin D juga berpotensi melahirkan bayi prematur dan mengalami komplikasi diabetes selama kehamilan.

"Jadi vitamin D ini manfaatnya banyak sekali ternyata, tidak hanya untuk tulang saja tetapi juga bisa mencegah terjadinya keguguran berulang, bisa mencegah terjadinya preeklamsia, bisa mencegah persalinan prematur, dan juga bisa mencegah terjadinya diabetes gestasional," kata dia.

Lebih lanjut Damar mengatakan bahwa asupan vitamin D terbaik bagi ibu hamil berasal dari paparan cahaya matahari langsung. Di dalam kulit, kata dia, terdapat provitamin D yang dapat diubah menjadi vitamin D apabila terkena sinar matahari.

Load More