Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Terdakwa kasus suap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Saipul Jamil, menjalani sidang vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (31/7). (Suara.com)

Matamata.com - Lama tak terdengar kabarnya karena mendekam di hotel prodeo, ternyata Saipul Jamil memiliki banyak cerita lho.

Kilas balik yuk, Saipul Jamil atau yang karib disapa Bang Ipul harus menjalani hukuman penjara di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, selama delapan tahun akibat kasus asusila yang dilakukannya.

Saipul Jamil divonis tiga tahun dalam kasus asusila pada 14 Juni 2016.

Baca Juga:
Pamer Cincin di Instagram, Rezky Aditya Akhirnya Lamar Sang Pacar

Kemudian hukumannya ditambah tiga tahun menjadi delapan tahun, karena terlibat kasus penyuapan terhadap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara bernama Rohadi dan divonis pada 31 Juli 2018.

Nah, Selasa 31 Juli 2018 kemarin, ternyata Saipul Jamil berulang tahun lho. Demi merayakan ulang tahunnya, sahabat-sahabat dan penggemar Saipul Jamil bertandang ke penjara.

Ketika ditemui, banyak cerita yang dilontarkan oleh Saipul Jamil selama berada di balik jeruji. Berikut ceritanya seperti dirangkum Matamata.com, Rabu (1/8/2018):

Baca Juga:
Kumalasari Pamer Berlian Rp 20 Miliar Tiru Hotman Paris

1. Tidur bareng napi kasus pembunuhan

Saipul Jamil mengaku tinggal satu sel dengan narapidana (napi) dari beberapa kasus, termasuk kasus pembunuhan, namun dia tidak pernah merasa takut.

"Alhamdulillah di dalam rasa ketakutan itu nggak ada. Walau ada pembunuh nih, kayak warga biasa aja," kata Saipul Jamil, saat ditemui Suara.com di Lapas Cipinang.

Baca Juga:
Lucu, Sabai Morscheck Ungkap Kemiripan Ringgo dan Bjorka

Saipul Jamil. (Suara.com/Sumarni)

Berada satu blok dengan pelaku tindak kriminal lainnya juga tak membuat Saipul Jamil gentar. Justru, Saipul Jamil menikmati kehidupannya berada di dalam jeruji besi.

"Sebenarnya bloknya kan terpisah. Saya kan masuk kriminal, ya ada di blok kriminal. Di situ pasti ada pembunuh dari yang yang dihukum seumur hidup sampai hukuman mati," terangnya lagi.

2. Copot atribut keartisan

Baca Juga:
Keren, 5 Aktris Bollywood Ini Tetap Bersinar Setelah Menikah

Sejak menghuni Lapas Cipinang, Saipul Jamil memang mencopot seluruh atribut keartisannya. Kini, Saipul Jamil hanya bagian dari warga binaan biasa. Lagipula Saipul Jamil menganggap profesi di dalam rutan semuanya setara.

"Di dalam saya mencopot title artis. Saya mencoba jadi orang biasa. Karena profesi di sana kan beda-beda, ada pengusaha, ada yang begini begitu. Jadi kita semua jadi orang biasa," ucap Saipul Jamil.

Di samping itu, semenjak mendekam di penjara, lelaki asal Serang, Banten ini harus berbagi ruangan bersama 10 narapidana lainnya.

3. Rekaman lagu dari balik jeruji

Saipul Jamil mengungkap proses pembuatan single barunya yang digarap di dalam penjara. Rupanya, ia menjalani rekaman lagu berjudul 'Manusia Biasa' itu di Lapas Cipinang.

"Iya di sana ada studio rekaman. Di dalam (lapas) ada. Ada alat musik juga. Pokoknya banyak alat musik di sana," cerita Saipul Jamil, saat ditemui di Lapas Cipinang.

Mantan suami Dewi Perssik ini menjelaskan syuting video klipnya pun mengangkat seputar kehidupan penjara. Dari situ, Saipul Jamil ingin menyampaikan banyak pesan.

Beberapa di antaranya, ia berharap masyarakat sadar kalau narapidana juga punya kegiatan positif di balik jeruji besi.

"Itu soal kehidupan di Lapas. Namanya sebuah lembaga mengayomi orang kan. Ada yang bilang lapas seram, terus orang di penjara kerjanya makan tidur. Itu nggak gitu," kata Saipul Jamil.

"Tapi kita dibuat lebih aktif dan produktif di sini. Kita diberikan kebebasan berkarya," sambungnya lagi.

Tembang "Manusia Biasa" sendiri sudah dirilis di akun YouTube pencipta lagunya, Dorce Gamalama. Lagu itu resmi diluncurkan pada 8 September 2017.

4. Nyanyi, 'honornya' remisi

Saipul Jamil sudah menjalani tahanan selama dua tahun lima bulan di Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Sejauh ini, Saipul Jamil kerap mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman.

Ia pun mengungkap trik mudah agar kebagian remisi. Yang terpenting menurut Saipul Jamil, setiap narapidana harus aktif selama berada di dalam lapas.

Untuk Saipul Jamil sendiri, ia rajin unjuk gigi di hadapan para petinggi Lapas Cipinang lewat jalur musik.

Saya sering diundang nyanyi sama dirjen dalam rangka halal bi halal. Kalau kita aktif dirjen lihat nih. Nah itu bisa dipertimbangkan dapat remisi," terang Saipul Jamil, saat ditemui di Lapas Cipinang, Selasa (31/7/2018).

Penampilan baru Saipul Jamil di penjara. (Istimewa)

Setiap tampil di acara yang diadakan Lapas Cipinang, lelaki 38 tahun ini mengklaim tidak pernah mendapat bayaran. "Nggak dibayar. Tapi dapat remisi," tutur mantan suami Dewi Perssik ini.

Terlepas dari itu, artis 38 tahun ini mengatakan tidak menggeluti aktivitas selain bermusik. Saipul Jamil ingin tetap terlihat aktif meski hanya melalui musik.

"Aku nggak pernah coba bikin kerajinan tangan. Karena ini bukan bidang aku. Ini seni kerajinan. Tapi saya mah bidangnya di musik," ucapnya.

"Nah di lapas ini banyak disediakan alat musik untuk kita mainkan. Mereka bebaskan kita untuk berkarya," sambungnya lagi.

5. Pasrahi karier keartisan

Saipul Jamil blak-blakan mengenai rencana masa depan usai bebas dari penjara. Selepas keluar penjara nanti, Saipul Jamil langsung berniat mengunjungi panti asuhan.

"Saya sudah punya banyak impian setelah bebas nanti, salah satunya mengunjungi panti asuhan. Saya pengin setelah bebas lebih sering ke panti asuhan," ujar Saipul Jamil ditemui di Lapas Cipinang.

Rupanya, mantan suami Dewi Perssik ini ingin menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan sosial. Saipul Jamil pun berharap hidupnya nanti bisa bermanfaat bagi orang lain.

"Pokoknya rencana ke depan saya lebih ke arah sosial," sambungnya lagi.

Ditanya kemungkinan kembali berkarier di industri hiburan Tanah Air, Bang Ipul, begitu sapaan akrabnya, hanya tersenyum. Ia memasrahkan persoalan kariernya kepada Tuhan.

"Kalau kembali masuk industri hiburan atau nggak itu terserah Allah. Kalau ternyata dikasih, ya lanjut," kata Saipul Jamil.

Load More