Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Kaka saat dikunjungi Capres Jokowi di markas Slank, Selasa (27/5/2014). (Suara.com/Adrian Mahakam)

Matamata.com - RUU Permusikan melahirkan banyak pro dan kontra di kalangan musisi. Setelah Jerinx SID, Marcell Siahaan, dan lainnya, kini giliran Kaka Slank tolak RUU Permusikan yang digagas Anang Hermansyah

Akhadi Wira Satriaji alias Kaka Slank jadi salah satu musisi yang menolak RUU Permusikan. Dia pun berencana menemui Anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah untuk membahas hal itu. 

"Gua mau ketemu dia nanti malam. Mau nanya ke dia, 'ini lu bikin ini (RUU Permusikan) waktu itu?'," kata Kaka saat ditemui Suara.com di D Lab, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Baca Juga:
Disidang Kasus Berkendara Sambil Mabuk, Son Seung Won Menyesal

 

Menurut Kaka dalam draf RUU Permusikan banyak pasal yang justru merugikan musisi. Misalnya pasal 5 yang dinilai bakal mengebiri kreativitas musisi dalam membuat karya.

Baca Juga:
Jalani Sidang Eksepsi, Ahmad Dhani Tekankan Tak Tahu Alasan Penahanan

Lebih lanjut kata vokalis Slank ini, yang perlu digenjot sekarang adalah penegakkan hukum terhadap masalah pembajakan. Sebab kata dia, hal itu cukup berpengaruh buat hak ekonomi si musisi.

 

Baca Juga:
Alamak! Ahmad Dhani Nyaris Jatuh Terjengkang saat Sidang

"Yang kita perlukan saat ini adalah kekuatan di law enforcement, secara yang sangat berpengaruh terhadap income seniman itu kan pembajakan kan. Jadi law enforcement harus keras," katanya.

Sebelumya, ratusan musisi yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan menolak draf RUU Permusikan. Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan menilai DPR dan Badan Keahlian DPR gagal merumuskan Naskah Akademik yang menjadi landasan RUU Permusikan.

Sementara Anang jadi sorotan lantaran sebagai anggota DPR yang mengusulkan RUU tersebut. 

Suara.com/Muhammad Yasir

Load More