Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Marshanda (Instagram @marshanda99)

Matamata.com - Selama hampir 10 tahun,  Marshanda barusaha menyembuhkan dirinya dari didiagnosis bipolar. Chaca sapaan Marshanda, kini dapat dikatakan sembuh dari penyakit gangguan kejiwaan itu.

Marshanda mengakui, berbagai pengobatan dilakukan untuk menyembuhkan penyakitnya itu.

Baca Juga:
Foto Seksi Nggak Pakai Bra Bikin Geger, Marshanda Bilang Begini

"Hampir sembuh ya Insyaallah.  Boleh deh kalau dibilang begitu (sembuh), kan doa kan ya," kata Marshanda, ditemui di Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

Bahkan pemain sinetron Bidadari ini secara perlahan mulai mengurangi obat-obatan medis. Menurut sepengetahuannya, seseorang yang diagnosis menderita ganguan jiwa bipolar akan kembali kambuh jika meninggalkan obat-obatan.

"Iya (mengurangi obat), alhamdulillah banget. Jujur, aku tadinya masih miss. Karena katanya kalau turun obat kan harus pelan-pelan, bisa jadi kalau orang secara psikologis belum sanggup dia akan musti banyak minum obat," ungkap Marshanda.

Baca Juga:
Sang Ayah Ditemukan Jadi Pengemis, Marshanda Ungkap Fakta Terpendam

Beruntungnya setelah mengurangi obat-obatan, ibu anak satu ini tidak merasakan kembali gejala-gejala ganguan jiwa bipolar. Lepas dari obat-obatan bukan berarti Marshanda meninggalkan segala macam penyembuhan. Mantan istri Ben Kasyafani ini rupanya tetap melakukan pengobatan herbal.

"Aku melihat sampai sekarang, 'oh alhamdulillah, aku baik-baik aja'. Aku tuh nungguin, gejala-gejala yang negatif tuh keluar, tapi nggak datang-datang. Dan mungkin karena itu juga aku ganti alternatif yang herbal," jelas Marshanda.

Tak hanya pengobatan herbal, perempuan 30 tahun ini juga melakukan pengobatan alternatif dengan mengikuti berbagai macam program penyembuhan.

Baca Juga:
Foto Nggak Pakai Bra Digunjing, 5 Transformasi Marshanda yang Makin Cetar!

Marshanda [Evi Ariska/Suara.com]

"Tapi aku disipilin. Tiap hari aku minum, jam tidur cukup, aku meditasi lah. Terus aku juga banyak healing-healing  program lainnya yang aku lakukan secara konsisten. Dan selalu dua minggu sekali buat laporan tertulis, semuanya itu kayak ngerjain PR gitu," katanya.

Seperti yang diketahui, pada 2009 silam Marshanda pernah meluapkan emosi kesedihan dan kemarahan dalam rekaman video yang publikasikan di YouTube. Video itu pun langsung menjadi perbicangan publik, dan Marshanda dihantam dengan berbagai komentar miring.

Beberapa tahun kemudian, Marshanda mengaku saat itu sedang depresi, halusinasi, hingga tidak bisa tidur. Bintang sinetron Bidadari ini juga memendam rasa sedih karena orangtuanya bercerai sejak ia masih kecil. Marshanda ternyata didiagnosis gangguan jiwa bipolar oleh dokter. (Evi Ariska)

Baca Juga:
Marshanda Pose Hot Nggak Pakai Bra: Astagfirullah!

Load More