Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Suasana Ahmad Dhani bebas dari Rutan Cipinang [MataMata.com/Herwanto]

Matamata.com - Jurnalis media online Suara.com yang juga penyandang disablitas bernama Herwanto mengalami tindakan tidak menyenangkan dan kekerasan fisik saat meliput kebebasan Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta Timur pada Senin (30/12/2019).

Peristiwa bermula pada Senin (30/12/2019) pagi, sekira 10 menit sebelum Ahmad Dhani keluar dari pintu Rutan Cipinang. Saat itu, sudah terjadi adu mulut antara wartawan yang meliput di lokasi dengan pihak pengamanan Ahmad Dhani karena massa yang berkerumun menutupi barisan awak media.

Puncaknya pada pukul 09.30 WIB, ricuh terjadi saat Ahmad Dhani keluar dari Rutan Cipinang. Saat itu mulai terjadi saling dorong dan tarik-tarikan antara awak media dengan pihak keamanan Ahmad Dhani.

Baca Juga:
Manggung usai Bebas, Ahmad Dhani Jadi Pembuka Konser Band Amerika

Saat jurnalis Suara.com Herwanto hendak maju ke bagian depan untuk menggambil gambar, bajunya ditarik salah seorang petugas keamanan berkacamata hitam.

Herwanto pun berusaha tetap maju untuk mengabadikan video kebebasan Ahmad Dhani. Saat itu, oknum yang sama kembali menarik paksa tangan palsu sebelah kanan Herwanto untuk membuka jalan bagi Ahmad Dhani yang dikerubuti wartawan dan massa.

Jari manis palsu jurnalis Suara.com rusak [Suara.com/Herwanto]

Sebagai jurnalis, Herwanto tetap berada di tengah-tengah kerumunan pengawal Ahmad Dhani demi mendapatkan gambar sesuai angle yang diinginkan meski terus ditarik mundur.

Baca Juga:
Ahmad Dhani Ingin Kembali Berpolitik, El Rumi: Belajarlah Pencitraan

Pada saat yang sama, Herwanto menyaksikan Dul Jaelani, anak bungsu Ahmad Dhani, terjatuh akibat aksi saling dorong dan tarik-tarikan. Malah yang membantu Dul Jaelani bangun usai jatuh adalah awak media.

Setelah Ahmad Dhani dan istrinya Mulan Jameela beserta tiga anaknya, Al, El dan Dul, naik ke mobil dan meninggalkan Rutan Cipinang, Herwanto tersadar jari manis tangan palsunya putus/rusak.

Terkait insiden kekerasan fisik dan perbuatan tak menyenangkan yang dialami jurnalis penyandang disabilitas Herwanto, Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono meminta semua pihak menghargai kerja-kerja jurnalis dalam mencari informasi.

Baca Juga:
Hari Pertama Keluar dari Penjara, Ahmad Dhani Langsung Nyanyi di Studio

Termasuk, tim keamanan Ahmad Dhani yang telah melakukan tindakan menghalangi kerja jurnalis hingga menyebabkan jari palsu Herwanto putus karena ditarik dengan keras.

“Saya berharap pelaku bertanggungjawab dan minta maaf atas perbuatan tersebut,” kata Suwarjono.

Baca Juga:
Ahmad Dhani Bebas, Dul Jaelani Senang Bisa Didongengin Lagi

Load More