Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Ustaz Solmed (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Pengakuan Marcell Darwin tentang istrinya sudah hamil ketika mereka menikah bikin netizen heboh.

Lantas, bagaimana sebenarnya hukum dalam Islam mengenai pernikahan di mana mempelai perempuan dalam kondisi hamil?

Baca Juga:
Mbah Moen Meninggal, Ustaz Solmed Bagikan Momen Terakhir Bersama Sang Ulama

Menurut Ustaz Sholeh Mahmoed alias Ustaz Solmed, ada hukum tersendiri dalam Islam soal kasus pengantin perempuan sudah hamil saat nikah.

"Kalau kelahirannya dari pernikahan itu kurang dari enam bulan, maka (anak) itu bukan anak bapaknya, tapi itu anak emaknya," jelas Ustaz Solmed, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (13/3/2020).

Dari situ, calon anak Marcell Darwin dan Nabila Faisal memiliki konsekuensi tersendiri. Di mana sang ayah tak dapat menjadi wali saat menikahkan anaknya. Selain itu, si anak juga tak mendapat hak atas harta warisan.

Baca Juga:
Ibu Divonis Sakit Ginjal, Ustaz Solmed Tulis Lagu untuk Semangati

Marcell Darwin dan Nabila Faisal [YouTube/The Darwins]

"Konsekuensinya apa? Pertama kalau anaknya perempuan, maka si bapak tidak berhak menjadi wali nikannya. Dan anak itu juga tidak berhak mendapatkan warisan dari bapaknya, karena bukan anaknya," ucap Ustaz Solmed.

Tapi menurut Ustaz Solmed, pernikahan Marcell Darwin dan Nabila Faisal sah secara hukum Islam. Ia pun menganggap tak perlu, mengenai rencana Marcell dan Nabila untuk kembali mengucapkan ijab kabul, setelah sang anak lahir.

"Pernikahannya sah, nggak ada masalah. Yang jadi masalah itu dan perlu dipersoalkan adalah status anak itu saja. Secara pernikahannya sah nggak ada apa-apa," kata Ustaz Solmed menegaskan.

Baca Juga:
Alasan Ustaz Solmed Tak Hadir di Pemakaman Ustaz Arifin Ilham

Seperti diketahui, Marcell Darwin dan Nabila Faisal resmi menikah pada 12 Januari 2020. Tapi belakangan baru diketahui kalau saat melangsungkan pernikahan, kondisi Nabila tengah berbadan dua.

Hal itu diakui sendiri oleh Marcell Darwin di channel YouTube miliknya. Pengakuan aktor 29 tahun ini pun mengundang reaksi beragam dari netizen. (Herwanto)

Baca Juga:
Live: Sambut Idul Fitri Ustaz Solmed Bersama The Sultan Gambus Rilis Single

Load More