Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Melanie Subono (MataMata.com/Evi Ariska)

Matamata.com - Kasus virus corona yang sedang merebak di Indonesia membuat pemerintah melakukan banyak tindakan pencegahan dan pengamanan. Namun fakta baru diungkap Melanie Subono yang bilang pemeriksaan virus corona alias covid-19 di bandara hanya dilakukan ala kadarnya.

"Yang bilang bandara diperiksa detail dll, No. Sekalipun lo dari negara top ten Corona, gue buktinya," kata Melanie Subono di Instagram Story pada Senin (16/3/2020).

Baca Juga:
Spanyol Di-Lockdown, Melanie Subono Sukses Pulang Naik Pesawat Terakhir

Melanie memang baru pulang dari Spanyol sebelum negara tersebut mengumumkan lockdown menyusul Italia.  Menurut Melanie Subono, setibanya dia di Indonesia, pihak bandara cuma memeriksa suhu tubuhnya.

"Contoh gue berhasil keluar dari Spanyol kemarin, sampe sini? Mereka cuma periksa temperatur. Padahal penyakit baru akan ketauan setelah inkubasi 14 hari loh. Jelaslah hari pertama nggak ada demam," ujarnya.

Melanie Subono (Instagram/@melaniesubono)

Selanjutnya, perempuan 43 tahun ini cuma diminta buat mengisi formulir.

Baca Juga:
Spanyol Ditutup Karena Virus Corona, Melanie Subono Minta Doa untuk Pulang

"Dan dari formulir yang gue isi doang. Kalau gue isi formulirnya nggak jujur gimana? Misalnya aja deh, gue isi formulisnya kemarin nggak jujur atau selama seminggu ini gue tidak lapor balik ke RSUD, dan nggak ada lockdown atau isolasi, gimana caranya mau memetakan gue dan penyakit?" kata Melanie Subono.

Melanie Subono (Instagram/@melaniesubono)

"Terus andai nih amait-amit yah, hari ke-8 misalnya gue demam. Terus cek rumah sakit beneran gue positif. Gimana cara periksa dan cari tau siapa aja yang papasan sama gue selama 14 hari lalu?" sambungnya lagi.

Melanie pun mendesak agar pemerintah Indonesia segera menutup negara alias lockdown karena merasa cara itu paling efektif buat memerangi virus corona.

Baca Juga:
Bagi-bagi Masker dan Sanitizer Gratis, Melanie Subono Banjir Pujian

Melanie Subono (Instagram/@melaniesubono)

Melanie Subono sendiri sudah mulai mengisolasi diri semenjak tiba di Tanah Air. Dia akan menjalani tes virus corona lima hari ke depan.

Diketahui kasus virus corona di Indonesia sudah menginfeksi 117 orang. Di mana diantaranya 8 sembuh dan 5 meninggal. [Sumarni]

Load More