Ustaz Solmed (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Beberapa waktu lalu, netizen sempat dihebohkan dengan video artis Atalarik Syah yang membahas hukum meninggalkan salat Jumat.

Ikut terkejut, April Jasmine pun langsung menanyakan kepada suaminya yang seorang ustaz bagaimana hukum salat Jumat di tengah pandemi Corona.

"Nah, kan katanya saat ini lagi nggak boleh salat Jumat dulu nih ya, katanya kalau tiga minggu nggak salat Jumat berarti kafir, gimana tuh," tanya April Jasmine.

Baca Juga:
Posisi Kaki Syahrini saat Berjemur, Ustaz Solmed Ziarah Kubur Almarhum Uje

"Yang pertama bukan tiga minggu tapi tiga kali. Oke, pertama kita tentu hari ini berduka sebab Indonesia masih ditimpa musibah bencana dengan musibah Covid-19 atau Corona. Tentu, keadaan ini menjadi keadaan yang tidak biasa. Boleh dibilang ini keadaan darurat," papar Ustaz Solmed.

April Jasmine dan Ustaz Solmed (Instagram/@apriljasmine85)

"Nah, yang namanya keadaan darurat itu pasti ada sesuatu yang berbeda dibandingkan keadaan yang normal, termasuk dalam tata cara ibadah misalnya salat Jumat," ujar Ustaz Solmed.

"Nah, Majelis Ulama Indonesia khususnya di Jakarta itu sudah memberikan satu fatwa bahwa Jumatan itu ditiadakan tapi tetep salat dzuhur, kenapa di tiadakan sementara waktu, karena penyebaran virus Corona ini sudah tidak terkendali kalau di Jakarta. Beda dengan wilayah-wilayah yang masih terkendali, Jumatan masih tetap wajib," jelas Ustaz Solmed.

Baca Juga:
Ustaz Solmed Ziarah Kubur ke Almarhum Uje, Kuburan Disorot

"Seperti itu, nah kemudian soal 3 kali meninggalkan Jumat ini memang ada hadisnya (sambil membacakan hadis). Lihat ini tanpa uzur, kalau sekarang lagi ada uzur, bagaimana kita sedang berjuang melawan virus Corona yang penyebarannya masif sekali. Jadi kalau tanpa uzur dia munafik, jadi semoga kita nanti diberi kemampuan lagi untuk salat Jumat seperti biasa," pungkas Ustaz Solmed.

Tak berselang lama, video penjelasan Ustaz Solmed banjir reaksi netizen.

Baca Juga:
Minta Perlindungan Tuhan, 3 Doa dari Ustaz Solmed Cegah Virus Corona

"Alhamdulilah untuk penjelasannya. Terima kasih," kata netizen @widhia.29.

"Kejawab sudah pertanyaan ini, makasih mom @apriljasmine85," jelas akun @diah_inaz.

Load More