Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Komedian sekaligus pesinetron Dede Sunandar [Suara.com/Nanda Hadiyanti]

Matamata.com - Anak Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar mengidap penyakit langka, Sindrom Williams. Dia pun  mengungkap kondisi terkini anaknya yang perlahan membaik. 

Ladzan yang kini sudah berusia 2 tahun 3 bulan itu diakui Dede terus alami perkembangan ke arah positif. Indikasinya, si kecil sudah mulai bisa berjalan. Padahal dokter memprediksi Ladzan baru bisa berjalan di usia 4 tahun dulu. 

Hanya saja, lanjut Dede, berat badan anaknya tak seperti anak normal di usianya. Saat ini Ladzan memiliki berat tak sampai 10 kilogram.

Baca Juga:
Tak Ada Job Selama Corona, Dede Sunandar Jualan Cireng

"Sampe sekarang beratnya belum ada 10 kilo karena makannya itu susah, cuma masuk pisang sama susu doang," ata Dede Sunandar di acara Brownis, belum lama ini.

Dede Sunandar bersama istri dan dua anaknya. [Instagram]

Asupan gizi untuk si kecil berusaha diberikan maksimal oleh Dede dan istri. Mereka harus benar-benar bersabar terhadap kondisi si buah hati.

"Nasi pun kayak tadi pagi Dede suapin pake naget cuma dia yang keras-kerasnya dia ambil. Yang dalem nya mau nggak mau, mesti di jejelin agar asupannya nggak kurang," katanya.

Baca Juga:
Kondisinya Membaik, Anak Dede Sunandar Sudah Bisa Jalan

"Dan mau nggak mau harus sabar kedua orangtuanya untuk nyuapinin ke anak. Soalnya kalo nggak sabar dia nggak bakal mau makan, jadi semaunya dia makan baru kita suapin," ujarnya lagi.

Dede Sunandar dan istri, Karen Hertatum menggelar acara akikahan anak keduanya. (Instagram)

Melansir dari Very Well Health, sindrom williams adalah kelainan genetik yang ditandai oleh keterlambatan perkembangan dan kondisi medis tertentu, seperti masalah jantung dan tonus otot rendah.

Orang dengan sindrom williams juga biasanya memiliki keterampilan bahasa tingkat lanjut, kepribadian yang ramah, dan cinta musik. Hal ini disebabkan oleh kelainan kromosom dan memengaruhi bagaimana seseorang tumbuh dan berkembang.

Baca Juga:
Pertama Kali Tampil di OVJ, Dede Sunandar Blak-blakan Dibayar Segini

Semoga makin membaik ya kondisi anak Dede Sunandar. [Herwanto]

Load More