Tinwarotul Fatonah Yuliani | MataMata.com
Omaswati. (YouTube)

Matamata.com - Kabar duka datang dari pelawak senior Omaswati pada Kamis (16/7/2020). Mengenang kepergian perempuan yang akrab disapa Omas, berikut ini ulasan soal profil lengkapnya.

Omas lahir di Jakarta, 3 Mei 1966. Saudara kandung dari pelawak Mandra dan Mastur ini merupakan komedian asli Betawi. Kakak dari Mastur dan adik dari Mandra ini memiliki ciri khas gaya melawak yang ceplas-ceplos dengan mulut monyongnya.

Pelawak Omas.(Youtube)

Omas, mengawali kariernya di dunia seni dengan bermain kesenian tradisional Betawi yaitu Lenong. Tergabung dalam grup Lenong Betawi bersama Okky Lukman dan kawan-kawan, nama dan wajahnya mulai dikenal saat merambah dunia sinetron.

Baca Juga:
Komedian Omaswati Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Sinetron MATAHARIKU menjadi sinetron yang melambungkan nama Omas. Di sinetron ini, ia berperan memainkan karakternya sendiri sebagai Omas yang lucu dan ceplas ceplos yang juga bernama Omas.

Setelah sinetron ini, ia kembali berakting di sinetron berjudul UPIK ABU. Lagi lagi ia kebagian memerankan karakter yang ceria.

Beberapa judul sinetron telah diperankannya sejak tahun 2000an. Mulai dari Jodoh Apa Bodoh, Insyaf , Matahariku (2008), Upik Abu dan Laura, Cinta Fitri (Musim 7) , Yang Muda Yang Bercinta Sebagai, Akibat Pernikahan Dini , Anak-Anak Manusia, hingga yang terbaru Fatih di Kampung Jawara sebagai Putri Nyengnyong di tahun 2018.

Baca Juga:
Meninggal, Omas Idap Penyakit Paru-paru

Omaswati. (YouTube)

Omas juga pernah mengisi program ASAL (Asli Apa Palsu) di Trans7. Namun sejak tahun 2017 dia tak sanggup lagi banyak syuting.

Selain berkarier di dunia hiburan, bersama dengan saudara-saudaranya Omas mendirikan PANGSI (Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi) di Depok. Sanggar seni Betawi ini didirikan untuk terus melestarikan kesenian dan budaya Betawi yang mulai hilang tergerus zaman.

Omas meninggal dunia di usia 54 tahun. Kepergiannya meninggalkan tiga anak bernama Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian. Omas juga seorang janda karena telah bercerai dari suaminya pada tahun 2002 silam. 

Baca Juga:
Innalillahi, Pelawak Omas Meninggal Dunia

Load More