Ade Rai. (Instagram/@ade_rai)

Matamata.com - Binaragawan populer, Ade Rai menduduki trending topic Twitter pada hari Kamis (10/09/20). Ada apa?

Saat hadir di Podcast Deddy Corbuzier yang berjudul "“Ade Rai Akhirnya Buka Suara!! Ada apa dibalik COVID!?",  Ade menyampaikan pandangannya terkait efek buruk PSBB. Bukan dihujat, Ade Rai justru dibanjiri pujian.

Ade Rai. (Instagram/@ade_rai)

Pria berusia 50 tahun itu mengungkapkan dampak negatif dari pemberlakuan PSBB. Inti dari perbincangannya dengan Deddy yaitu faktor stres bisa mempersingkat umur manusia.

Secara tidak langsung, PSBB membuat manusia semakin stres. Dampak adanya social distancing ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah. Banyak orang yang merasa depresi selama wabah corona.

"Apa yang dilakukan untuk membuat umur seseorang menjadi pendek? Yaitu adalah house arrest, tidak boleh bertemu dengan teman-temannya dan pada saat itulah sistem imun seseorang ngedrop," ucap Ade Rai.

Ade Rai saat diundang dalam Podcast Deddy Corbuzier (Youtube.com/DeddyCorbuzier)

Ade menambahkan jika manusia sangat butuh untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan orang lain. Adanya PSBB tentunya menghambat aktivitas tersebut.

"Dari penelitian ini sebenarnya bisa kita ketahui bahwa panggilan hati dari kita semua ini adalah berkumpul bersama dan bersilaturahmi," sambungnya. Namun ia menegaskan bahwa ia tak menolak PSBB. Ade hanya berbicara sebagai pengamat kesehatan.

"Tidak, bukan itu, justru kita ceritanya ada di situasi yang urgent dan ada diposisi yang harus dilakukan, tetapi saya sebagai pengamat kesehatan mengatakan bahwa terjadi sebuah kesakitan sosial dari aturan itu," tegasnya.

Load More