Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Joy Tobing (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Penyanyi Joy Tobing positif virus corona atau COVID-19. Kronologinya dibeberkan sendiri olehnya di video yang diunggah akun YouTube Cumicumi pada Rabu (30/9/2020). Dia bilang awalnya merasakan demam yang disertai batuk. Kejadian itu terjadi pada Agustus 2020.

Joy Tobing sempat mengira bahwa gejala yang dirasakan akibat aktivitas yang padat.  "Bulan Agustus banyak sekali kegiatan acara baik virtual, baik acara di luar kota. Memang di Agustus itu baru merasakan demam, batuk. Dipikir hanya demam-demam biasa. Kita juga kalau kurang fit, istirahat, biasalah demam batuk," terang Joy Tobing.

Penyanyi Joy Tobing ketika ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/9). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sampai akhirnya, pentolan Indonesian Idol ini pun menjalani rapid test pada awal September. Kala itu, dia hendak pergi ke luar kota untuk tampil di sebuah acara.

"Awal September tenggorokan sudah nggak enak. Tanggal 1 September ke rumah sakit buat rapid karena tanggal 4 September ada acara di luar kota. Hasilnya nonreaktif," beber Joy Tobing. "Puji Tuhan acara di luar kota itu berjalan dengan lancar dari tanggal 4 sampai 6," sambungnya lagi.

Namun begitu, Joy Tobing mulai merasakan batuk yang dialami semakin parah. Apalagi setelah itu, dia juga sempat tampil sebagai bintang tamu di televisi swasta.

Joy Tobing (MataMata.com/Alfian Winanto)

"Tapi memang selama di luar kota itu subuh selalu terbangun karena batuknya sudah batuk gatal. Itu belum menyadari. Jadi pas abis nyanyi itu merasakan keringat dingin. Pulang dari luar kota, tanggal 7 nya masih tampil di TV swasta," ucapnya.

Perempuan 40 tahun ini tidak bisa merasakan bau beberapa lama kemudian. Dia pun menjalani tes swab karena khawatir.  "Pulang dari situ merasa nggak enak. Beberapa kali penciuman dan pengecapan rasa mulai aneh," tutur Joy Tobing.

Hasinya pun mengejutkan. Joy Tobing dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. "Pas tes swab ternyata positif. Adik kakak yang dokter itu bilang 'Ya ampun Joy positif'. Percaya nggak percaya karena memang virus yang ditakuti saat ini, virus COVID-19," jelas Joy Tobing.

Load More