Yohanes Endra | MataMata.com
Rumah Haji Bolot. (YouTube/Saswi Channel)

Matamata.com - Haji Bolot telah menjadi entertainer terkenal di Indonesia. Selain itu, lelaki 78 tahun ini juga memiliki banyak kekayaan. Namun, siapa sangka sebelum terkenal seperti sekarang, Haji Bolot pernah hidup susah. Komedian Betawi itu bersama istri dan kedua anaknya bahkan pernah tinggal di bekas kandang kambing.

"Pernah tidur di kandang kambing, itu karena susah. Nggak punya rumah. Itu di Jombang, Tangerang Selatan," kata Haji Bolot, di podcast Deddy Corbuzier yang diunggah Kamis (29/10/2020). Kandang kambing tersebut bekas milik sang nenek yang sudah tak terpakai. Haji Bolot mengaku dua tahun tinggal di situ.

Haji Bolot [Podcast Dedy Corbuzier]

"Kita kan belum punya rumah, dari punya anak sampai dua. Karena kambing sudah nggak ada, sudah dijual nenek, akhirnya kandang kambingnya dikasih jaro, dikasih jendela," ujar Haji Bolot. Bila mengenang, Haji Bolot mengakui kandang kambing tersebut sangat tidak layak untuk ditinggali manusia. "Atapnya itu bukan dari genteng, tapi dari daun kelap. Kalau lagi hujan kan ada yang bocor, gue nyari daun bacang buat nutupin yang bocor," ungkap Haji Bolot.

Baca Juga:
Sering Dipanggil Haji Bolot, Nama Aslinya Indah Banget

Lahir anak ketiga, Haji Bolot bersama keluarga akhirnya meninggalkan kandang kambing tersebut. Selain itu, hidup bintang film Pocong Pasti Berlalu itu mulai lebih baik, karena namanya mulai terkenal sebagai pemain Lenong. Haji Bolot mulai bermain Lenong di tahun 1964. Hingga kini, pemilik nama asli Muhammad Sulaeman Harsono itu menjadi salah satu seniman Betawi yang cukup masyhur.

Rumah Haji Bolot. (YouTube/Saswi Channel)

Meski memiliki banyak uang, Haji Bolot mengaku tak mau sombong. Ia ingin menikmati hidup apa adanya. "Kebanyakan teman-teman kita (artis) mau pamer. Rumah mewah, mobil mewah, ikan jutaan. Gue nggak kepengin pamer. Kenapa, karena menurut agama kan dilarang, menyombongkan diri. Apa adanya aja lah," tutur Hajo Bolot. (Ferry Noviandi)

Baca Juga:
Punya 31 Orang Cucu, 5 Potret Rumah Klasik Haji Bolot yang Jarang Terekspos

Load More