Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Aldi Taher dan Ustaz Solmed. (YouTube/Instagram)

Matamata.com - Aldi Taher jadi buah bibir netizen usai aksi salatnya yang direkam. Terlebih, ia solat sambil memegang Al-Qur'an. Sontak, hal itu membuat netizen bertanya-tanya soal hukum solat sambil membawa Al-Qur'an.

Dikonfirmasi ke salah satu ulama Tanah Air, ustad Solmed, hal itu sah-sah saja. "Oh nggak apa-apa, itu juga dilakukan kok oleh para ulama (solat sambil membawa Al-quran), dan nabi juga pernah menggendong cucunya waktu solat," kata ustad Solmed kepada Matamata.com, Rabu (4/11/2020).

Postingan Aldi Taher. (Instagram/@alditaher.official)

Kendati demikian, hal itu tidak wajib hukumnya, membawa kitab suci saat beribadah adalah sunnah. Membawa Al-Qur'an saat salat biasanya bertujuan untuk membaca surat panjang yang belum dihapal untuk dijadikan bacaan usai membaca surat Al-Fatihah.

"Boleh saja karena pada prinsipnya kan itu sesuatu yang tidak wajib. Membaca surat setelah Al Fatihah itu kan hukumnya sunah. Tapi ada orang ingin mengejar bacaan-bacaan yang sifatnya lebih sempurna, sehingga hapal belum, jadi dibantu dengan membaca Al-Qur'an," jelas ustad Solmed.

"Yang jadi rukun solat kan Al-Fatihah, nggak pakai baca surat lain pun boleh, hukum fiqih begitu, hanya saja ada orang yang ingin mengamalkan. Misalnya ada orang yang 'hari ini saya baca Al-Baqarah (usai Al-Fatihah) sampai entah kapan selesai, ada yang begitu tapi itu tidak wajib," sambungnya.

Ustaz Solmed (Matamata.com/Ismail)

Akan tetapi, posisi memegang Al-Qur'an saat salat ada baiknya dipegang menggunakan tangan kanan. Diketahui, dalam video Aldi Taher, ia memegang kitab suci umat muslim itu dengan tangan kiri.

"Nggak ada masalah, cuma kalau adabnya (memegang Al-Qur'an) di kanan," jelasnya.

Lebih lanjut, soal aksi Aldi Taher merekam kegiatan solatnya, hal itu juga tak menjadi soal. Riya atau tidak, hanya ia dan Tuhan yang tahu, Wallahualam, hanya Allah yang mengetahui kebenaran niatnya.

Load More