Yohanes Endra | MataMata.com
Ringgo Agus dan Sabai Dieter Morscheck. (Matamata.com/Alfian Winanto dan Instagram/ringgoagus)

Matamata.com - Ringgo Agus tampaknya masih diselimuti euforia setelah istrinya, Sabai Dieter Morscheck melahirkan anak kedua yang bernama Curtis Ziggy Mars Morscheck. Melalui akun Instagram, Ringgo Agus kembali membagikan foto dan cerita mengenai hari-hari menjelang proses lahiran.

Seminggu yang lalu tepatnya sebelum melahirkan, Sabai rupanya kesakitan menahan kontraksi. Ringgo pun mengatakan bahwa dia belum pernah melihat sakit yang serupa sebelumnya.

"Seminggu lalu sebelum lahiran, bojo kesakitan nahan kontraksi. Sakit yang belum saya liat sebelumnya. Semuanya bilang lahiran dengan cara apapun nggak ada yang gampang, tapi kalau kata bojo nggak sesakit yang dibilang orang-orang, tapi juga nggak seringan (semudah) itu. Perjuangan dan sakitnya sebanding buat ngelahirin anak yang sehat dengan cara apapun (normal atopun sc)," tulis akun ringgoagus, Jumat (6/11).

Sabai Morscheck. (Instagram/@ringgoagus)

Hanya saja, Ringgo mengatakan bahwa tidak ada saran atau cerita dari orang lain mengenai proses ngeden (mengejan) saat lahiran yang ternyata bisa mengeluarkan hasil yang lain selain bayi.

"Namun dari saran dan cerita yang kita terima, nggak ada yang cerita kalau ngeden lahiran itu bisa juga mengeluarkan hasil yang lain selain bayikk, huaaaa kenapa gak ada yg ceritaaaaa. Kekhawatiran saya dan bojo ketika bertanya sama @nisaobgyn, 'Dok kalau ternyata ngeden hebat dan nggak sengaja keluar yang lain gimana dok??'," tulis Ringgo.

"Dan dokter menjawab, 'gapapa kok itu wajar.. nanti tinggal dibersihkan.' Waduuhhhh... tapi 'kan tengsin kalau itu terjadi. Mana pas awal masuk rumah sakit bojo nyikat nasi padang dan cemilan-cemilan lainnya. Masa bayiknya lahir baunya khas .. huhuhu.. Namun, kemarin kita lupa saking konsen ke lahiran bayi, apakah sbenernya ada kejadian yang lain itu atau tidak secara kami tidak menyadarinya, nanti kontrol berikutnya akan saya tanyakan."

"Tapi kalau sampai itu terjadi tenang, jangan khawatir, tenaga medis sudah siap dengan itu. Kepada semua ibu-ibu lahiran konsentrasi saja dengan lahiran bayi, kalaupun terjadi tengsinnya cuma dikit kok.. Katanya sih begitu...karena ini adalah perjuangaaannn..."

Unggahan tersebut pun langsung mendapat komentar dari sang dokter. "Menu apapun padangnya, warnanya mirip-mirip kok, dan itu biasaaaaaa, karena saking cihuy nya si mules dan pas ngeden emang dua saluran 'diperas bersama' dan bisa keluar beriringan mesraaa," tulis akun nisaobgyn.

Load More