Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Idol group JKT48. (MataMata.com/Ismail)

Matamata.com - Sebagai imbas dari pandemi Covid-19, grup JKT48 akan mengalami pengurangan member dan staf. Setelah ada diskusi antara manajemen dan rekanan JKT48 lainnya lah keputusan berat itu diambil. 

"Kita tuh hanya ada dua pilihan, bubar atau bertahan. Finalnya, kita (putuskan) bertahan dengan pengurangan staf dan member," kata General Manager JKT48, Melody Laksani, ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat, (13/11/2020).

Lantaran banyak kegiatan rutin grup tersebut yang tak jalan selama pandemi Covid-19, Melody mengatakan keuangan JKT48 memburuk. Mereka hanya gelar pertunjukan via live streaming untuk bertahan.

Baca Juga:
Pelaku Pelecehan Seksual Aurellia JKT48 Terungkap

Member JKT48, Frieska, Beby, dan Gaby. (Instagram/@jkt48frieska)

"Awalnya kita stay positif JKT48 tetap jalan, karena kita masih banyak fans yang support. Seiring berjalannya waktu akhirnya benar-benar sesulit itu. Jadi memang ini adalah keputusan yang terbaik," ujarnya.

Namun, Melody belum tahu pasti berapa staf dan member yang akan dipangkas. "Kita belum tau. Kita udah ada rencana tapi belum bisa kita share," kata dia.

Bagi Melody, keputusan mengurangi member dan staf merupakan jalan terbaik. Semua itu dilakukan agar JKT48 bisa tetap bertahan. "Ya karena sudah keputusan final dan terakhir yang bisa kita lakukan untuk JKT48 tetap bertahan," katan Melody.

Baca Juga:
Reaksi Eks Member JKT48 Soal PHK: Terlalu Berisiko Kalau Mengurangi Member

Idol group JKT48. (MataMata.com/Ismail)

Kabar JKT48 terancam bangkrut pertama kali diumumkan Melody di YouTube. Dia bilang bahwa pertunjukan teater, manggung, event jabat tangan, dilaksanakan secara terbatas. Padaha sumber pemasukan JKT48 bertumpu pada kegiatan tersebut.

JKT48 memutuskan untuk mengurangi member dan staf untuk bertahan. Saat ini JKT48 memiliki 70 member dan 50 orang karyawan. Pengumuman Melody cukup mendapat perhatian di media sosial. Warganet, terutama para fans ramai-ramai membuat tagar Tagar #KamiBersamaJKT48 dan #SaveJKT48. [Yazir Farouk]

Load More