Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Vanessa Angel dan ayahnya. (Instagram/@vanessaangelofficial)

Matamata.com - Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkum HAM, Rika Aprianti membenarkan Vanessa Angel bebas dari penjara karena mendapat keringanan melalui program asimilasi virus corona atau Covid-19.

"Perhari ini (Jumat, 18 Desember 2020 Vanessa Angel keluar penjara)," ujar Rika Aprianti saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Jumat (18/12/2020).

"Dia menjalankan asimilasi di rumah dengan dasar Permenkumham nomer 10 tahun 2020, pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Lapas dan Rutan," kata Rika melanjutkan.

Baca Juga:
Sejak Vanessa Angel Dipenjara, Suami Ungkap Hikmah di Balik Musibah

Vanessa Angel bersama putranya, Gala Sky Ardiansyah. [Instagram]

Menurut Rika, meski telah diizinkan pulang, Vanessa Angel mesti menjalani sisah masa hukumannya di rumah saja. Pasalnya, istri Bibi Ardiansyah ini mendapat keringanan melalui program asimilasi Covid-19.

"Bahasanya bukan bebas ya, sudah diasimilasikan di rumah. Menjalankan pidananya di rumah dengan asimilasi," kata Rika menjelaskan.

Dengan begitu, menurut Rika, Vanessa Angel dilarang berpergian ke luar Kota selama sisa masa tahannya selesai.

Baca Juga:
ASI Vanessa Angel Kering Sebulan Dibui, Suami: Banyak yang Tanya Gala Kurus

"Iya betul (nggak boleh pergi keluar kota). Jadi dia masih menjalankan tapi di luar. Dia cuma masih di rumah," kata Rika menjelaskan.

Vanessa Angel. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Sebelumnya, Vanessa Angel dipidana sesuai dengan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat dengan perkara Pasal 62 UU RI No 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika, dengan Pidana 3 Bulan denda 10 juta subsider 1 bulan penjara.

Vanessa Angel menjadi tahanan Lapas Perempuam Jakarta, Pondok Bambu, Jakarta Timur, sejak 18 November 2020.

Baca Juga:
Dengar Suara Vanessa Angel yang Lagi Dibui, Begini Reaksi Sang Anak

Load More