Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Home Alone (Instagram.com)

Matamata.com - Film Home Alone jadi  trending topic di Twitter pada hari Jumat (25/12/2020). Netizen membicarakan film ini karena selalu tayang setiap hari Natal tiba.

Pagi tadi, hingga pukul 07.40 WIB, terdapat lebih dari 47,9 ribu twit yang menggunakan kata kunci Home Alone. Home Alone sendiri adalah sebuah judul film komedi keluarga di mana di Indonesia, film tersebut biasanya diputar saat momentum hari libur, seperti saat liburan Natal seperti sekarang ini.

Kamu mungkin juga sudah pernah menyaksikan filmnya. Film Home Alone tersebut mengisahkan tentang seorang bocah laki-laki yang berusia delapan tahun, yaitu Kevin McCallister yang ditinggal sendirian di rumah karena keluarganya pergi berlibur ke Paris, Perancis.

Baca Juga:
Deretan Film Natal Terbaik Sepanjang Masa, Home Alone Masuk Dong

Rumah Kevin yang kosong, ternyata mengundang komplotan pencuri Wet Bandits, Harry Lime, dan Marv Merchants. Kevin yang mengetahui niat jahat mereka, bersiap untuk melindungi rumah dari para perampok dengan kecerdikannya.

Selain itu, ada beberapa fakta film Home Alone yang menarik untuk diketahui. Mulai dari tentang adegan jatuh, tarantula hingga pemeran figuran yang mungkin tidak Anda perhatikan dengan seksama. Maka dari itu, simak penjelasannya berikut. 

Film Home Alone pertama kali dirilis pada tanggal 16 November 1990, dan film tersebut menjadi favorit penonton. Berikut ini adalah tujuh fakta film Home Alone pertama:

Baca Juga:
Netizen Gempar! Donald Trump Ternyata Pernah Jadi Cameo di Film Home Alone

1. Semua adegan jatuh adalah nyata

Film Home Alone melibatkan banyak adegan jatuh, terutama bagi para komplotan pencuri Wet Bandits yang menjadi korban jebakan Kevin.

Para stuntman film tersebut mengatakan, bahwa mereka tidak menggunakan trik efek khusus, dan tidak ada bantalan yang terpasang di tanah. Sehingga, para kru film berusaha semaksimal mungkin agar setiap pengambilan gambar bisa selesai dalam satu kali take. 

Baca Juga:
Home Alone Di-remake! Sosok Aktor Cilik Pengganti Kevin Curi Perhatian

2. Tarantula asli

Ada banyak hal tragis menimpa komplotan Wet Bandit ketika mereka mencoba masuk ke rumah Kevin. Namun, jebakan yang menimbulkan reaksi hebat adalah ketika Kevin meletakkan laba-laba peliharaan kakaknya di wajah Marv untuk mengalihkan perhatiannya. Momen itu terlihat sangat nyata karena aktor pemeran Marv, yaitu Daniel Stern setuju untuk membiarkan tarantula asli merayap di wajahnya selama pengambilan gambar.

3. Skrip film selesai kurang dari 10 hari

Penulis skenario Home Alone, yaitu John Hughes, menuliskan naskah untuk film Home Alone hanya dalam waktu kurang dari 10 hari. Hal tersebut diungkapkan oleh James Hughes, putra dari John Hughes.

4. Rumah keluarga Kevin kini bernilai tinggi

Sutradara Home Alone, yaitu Chris Columbus, memilih sebuah rumah di Winnetka, Illinois, sebagai latar tempat tinggal keluarga Kevin. Menurut Chicago Tribune, rumah tersebut telah laku terjual seharga 1,5 juta dollar AS pada tahun 2015.

5. Pemegang rekor box office selama 27 tahun

Film Home Alone sempat menggemparkan box office AS selama musim liburan 1990 dan terus mendominasi sepanjang paruh pertama tahun berikutnya. Film tersebut mempertahankan posisi pertama selama 12 minggu perilisannya, dan tetap berada di 10 besar bahkan hingga Juni 1991. Menariknya lagi, film tersebut memegang rekor dunia itu hingga 2017, 27 tahun setelah dirilis.

6. Pacar Buzz adalah laki-laki yang memakai kostum wanita

Ketika ditinggal sendirian di rumah, Kevin mengambil kesempatan untuk melihat-lihat barang milik kakaknya yang galak, yaitu Buzz. Kevin kemudian menemukan foto pacar Buzz dalam sebuah bingkai kayu. Menurut pemeran Buzz, yaitu Devin Ratray, foto pacar dalam pigura itu sebenarnya adalah laki-laki yang memakai kostum perempuan. 

7. Momen ikonik Home Alone adalah improvisasi

Salah satu momen ikonik dalam film Home Alone adalah saat Kevin berlagak mengoleskan krim aftershave ke wajahnya. Reaksi wajah Kevin setelah memakai aftershave, dua tangan memegang pipi, mata melotot, dan mulut terbuka lebar karena kepanasan, menjadi salah satu momen paling ikonik dalam film tersebut.

Namun, ternyata adegan tersebut tidak seperti yang diperintahkan oleh sutradara. Macaulay Culkin, pemeran Kevin, justru melakukan hal yang sebaliknya. (Rishna Maulina)

Load More