Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Raja Dangdut Rhoma Irama kerap didampingi oleh Soneta Group nyaris di setiap penampilannya. Soneta adalah grup musik dangdut yang didirikan oleh Rhoma Irama pada 11 Desember 1970.

Puluhan tahun berdiri, personel Soneta pun sudah beberapa kali ganti formasi dengan personel baru karena sebagian anggotanya telah meninggal. Terbaru, personel grup Soneta, Haji Wempy (Rhytm), meninggal dunia kemarin, Minggu (3/1/2021).

Rhoma Irama pun mengumumkan kabar duka itu di instagramnya, sekaligus memohon doa. Ditemui beberapa waktu lalu, Raja Dangdut Rhoma Irama sempat membeberkan caranya mengenang rekan-rekan Soneta yang telah tiada.

Baca Juga:
Rhoma Irama Bawa Kabar Duka, Personel Pertama Soneta Meninggal Dunia

"Salah satu cara saya adalah tidak melupakan mereka, memberikan fee setiap penampilan. Setiap aktivitas soneta kalau ada fee, selalu kami bagikan kepada orang-orang yang sudah meninggal, janda-jandanya, bahkan janda sudah meninggal kita berikan ke ahli waris," kata Rhoma Irama belum lama ini.

Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Rhoma Irama mengaku tak pernah putus silaturahmi. Sebab, para personel Soneta sudah seperti keluarga sendiri.

"Bagaimana mengikat tali keluarga ini dan tidak melupakan," lanjutnya.

Baca Juga:
Jadi Dalang Berprestasi, 5 Potret Adam Ghifari Putra Rhoma Irama

Puluhan tahun berdiri dan usia tak muda lagi, tak dipungkiri membuat Rhoma Irama ingat dengan mati. Namun, usianya dan sekian personel telah berganti tak membuat Rhoma Irama berkeinginan membubarkan Soneta.

"Tidak ingin bubarkan Soneta tidak ada, apapun dinamika, tidak pernah mau bubarkan Soneta," tegas Rhoma Irama.

Soneta Group adalah sebuah grup musik dangdut dari Indonesia yang didirikan oleh Rhoma Irama sejak Desember 1970. Dari awal berdiri hingga sekarang, Soneta kini masuk formasi ke-9.

Baca Juga:
Rhoma Irama dan Soneta Gelar Konser Malam Ini dan Rayakan Ultah ke-50

Sebelum H Wempy meninggal dunia, generasi pertama Soneta Group, H Nasir (Mandolin) meninggal dunia pada 3 Februari 2020. H Nasir mengidap penyakit jantung dan telah menyatakan pensiun dan digantikan oleh anaknya, Zuhri Nasir.

Personel Soneta generasi pertama kini menyisakan dua orang, yakni Rhoma Irama dan H Hadi. Personel lain, yakni Riswan (keyboard), Herman (bass), Kadir (gendang) dan Ayub (timpani dan tamborin) telah meninggal dunia.

Load More