Tinwarotul Fatonah Herwanto | MataMata.com
Syekh Ali Jaber (MataMata.com/Madinah)

Matamata.com - Irfan Hakim lewat kanal YouTube deHakims mengenang pendakwah Syekh Ali Jaber yang diketahui menjadikan bocah pemulung bernama Akbar sebagai anak angkat.

Dalam video kenangan tersebut, ia menampilkan rekaman suara Syekh Ali Jaber saat memutuskan mengangkat Akbar sebagai anak.

Baca Juga:
Viral Suara Terakhir Syekh Ali Jaber saat Napasnya Terengah-engah

"Pertama saya berkeinginan kalau Akbar terima permohonan saya jadikan ananda Akbar itu anak angkat saya," kata Syekh Ali Jaber melalui rekaman suara yang diputar Senin (18/1/2021).

Tak cuma itu, dia juga mau menjadi guru dan membimbing Akbar secara langsung buat hafal Al-Quran.

"Saya ingin menjadi guru langsung untuk ananda Akbar, saya akan pimpin kamu sampai hafal 30 juz Al-Quran. Insya Allah," ujar Syekh Ali Jaber.

Baca Juga:
Viral Syekh Ali Jaber Bagi-bagi Uang ke Pemulung: Orang Miskin Kehilangan

Almarhum juga ingin memberangkatkan Akbar ke Tanah Suci bersamanya. Dia mau mengajak bocah itu umrah gratis.

Potret Akbar, Bocah Pemulung yang Viral (Facebook/Pesantren Al Hilal).

"Saya sudah cerita ke beberapa guru saya, imam-imam besar masjidil haram dan masjidil nabawi, mereka ikut terharu. Makanya saya ingin ajak di bulan Desember, insya Allah saya ajak umrah," ucapnya.

Sekadar informasi, Syekh Ali Jaber mengangkat Akbar sebagai anak angkat setelah foto bocah itu yang tengah meneduh di pinggir jalan sambil membaca Al Quran beredar di sosial media.

Baca Juga:
Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Arie Kriting dan Indah Permatasari Menikah

Dari situ, Syekh Ali Jaber baru mengetahui bahwa Akbar tengah mencari ibu kandungnya dengan berjalan kaki dari Kampung Sodong, Garut sampai Bandung, Jawa Barat.

Dalam pencariannya, Akbar mengaku tak tahu menahu wajah asli ibundanya. Dia hanya berbekal nama sang ibu yakni Siti Sumiati.

Terlepas dari itu, Syekh Ali Jaber sendiri kini dimakamkan di Pondok Pesantren Daarul Quran milik Yusuf Mansur di Tangerang, Banten.

Pun pihak RS Yarsi menegaskan, bahwa Syekh Ali Jaber meninggal bukan karena positif Covid-19. Almarhum tutup usia akibat komplikasi jantung, paru-paru dan ginjal.

Load More