Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Nia Ramadhani. (Instagram/@ramadhaniabakrie)

Matamata.com - Nia Ramadhani menuai komentar pedas dari netizen karena penggunaan kata 'loe' yang ia tunjukan untuk menyebut Tuhan. Sebagian netizen menilai Nia Ramadhani terlalu tinggi hati karena penyebutan itu.

Ustaz Solmed berusaha menengahi hal tersebut. Bahwa penyebutan tersebut lebih ke etika. "Nggak ada sih (dalil-dalil penyebutan Tuhan), lebih ke etika aja sih. Ya kalau memang merasa itu tanda keakraban, itu kan soal hati. Tapi kalau bagian dari melecehehkan, semua kembali lagi kepada hati si penulis (pembicara)," kata ustaz Solmed kepada MataMata.com, Senin (22/2/2021).

Nia Ramadhani nasihati putrinya (Youtube.com/TRANSTVOFFICIAL)

Mengenai pernyataan Nia Ramadhani menyebut Tuhannya dengan 'loe' ustaz Solmed menduga hal itu bentuk keakraban. Saking Nia merasa dekat dengan Tuhannya, tercetus lah kata itu.

Baca Juga:
3 Artis Pakai Perhiasan Berisi Darah Pasangan, Ada Nia Ramadhani

"Aaa itu kan kalimat, waah itu ungkapan akrab. Biasanya orang berani bilang itu kepada seseorang yang umumnya sangat dekat. Mungkin Nia merasa sudah sangat dekat sama Allah, terus dia merasa bahwa ya gue pake kalimat ini. 'Baik banget sih (Tuhan) udah dikasih tau bahwa jangan sombong'," jelasnya.

Terkait komentar kasar atau tidak, sopan atau tidak, hal itu bergantung sudut pandang. Sebab, secara bahasa, 'loe atau gue' adalah bahasa sehari-hari masyarakat betawi.

April Jasmine dan Ustaz Solmed (Instagram/@apriljasmine85)

"Tapi kalau disebut bahasa itu kasar, saya juga pakai bahasa betawi kok. Bahasa yang umum dipakai orang betawi saat berinteraksi itu 'Lo, gue', jadi susah menyebut itu bentuk pelecehan. Rasanya berat, karena itu bahasa bakunya orang Betawi," ujarnya.

Baca Juga:
Kunjungi Makam Ayah, Nia Ramadhani: Aku Mau Jadi Seperti Papaku

"Kemudian ada bahasa Arab 'ana-anta' (saya dan kamu) menjadi ane dan ente. Nah jadi, ya buat Betawi, loe gue nggak kasar. Kasar ini menurut siapa? Dalam pandangan bahasa Betawi, itu biasa diucapkan. Baik kepada anak, maupun orangtua," lanjutnya.

Jika menilik kasus Nia Ramadhani, ustaz Solmed mengembalikan hal itu menjadi rahasia pembicara dan Tuhannya. Menurut ustaz Solmed sendiri Nia hanya ingin berterima kasih.

"Tapi kembali lagi niat. Tapi kalau diliat dari kalimatnya, itu benar-benar ingin ucapkan terima kasih. Bahwa dengan kejadian itu, Allah sudah memberikan informasi kepadanya bahwa dia tidak boleh sombong. Itu menunjukkan rasa terima kasih," pungkasnya.

Baca Juga:
5 Artis Beli Kasur Puluhan hingga Ratusan Juta, Punya Nia Ramadhani 5 Meter

Diberitakan sebelumnya, Nia Ramadhani mengaku dapat hikmah setelah disebut gagal bawakan acara Tik Tok Awards beberapa waktu lalu. Hal ini ia beberkan dalam tayangan Nyonya Bos di Youtube Trans TV Official.

Nia Ramadhani membeberkan dirinya sudah ikhlas dan dapat hikmah dari apa yang terjadi. Menurutnya, Tuhan tak mau Nia Ramadhani sombong saat bisa jadi host.

Baca Juga:
Rayakan Hari Valentine, Kasur 5 Meter Nia Ramadhani Jadi Omongan

Loe sendiri udah nggak percaya diri, jalan loe dah nggak bener. 'Yuk Nia permalukan diri loe sendiri,' gitu waktu diajakin naik panggung." ujar Nia Ramadhani.

Nia Ramadhani pun berpikir jika dirinya berhasil bawakan acara Tik Tok Awards, ia akan sombong. Ia merasa Tuhan membuatnya sadar agar tak sombong

"Tuhan langsung jawab kayaknya Tuhan mau bikin gue nggak sombong. Coba gue udah setara Ayu Dewi Luna Maya dan gue bagus, pasti gue sombong, pulang-pulang gue seneng ini yang gue mau. 'Terima kasih Tuhan loe baik banget, loe ngajarin gue, bukan ngajarin sih kayak ngasih tau gue biar nggak sampai sombong," ujar Nia Ramadhani.

Ungkapan hati Nia Ramadhani ini pun menuai ragam komentar. Salah satunya saat ia menyebut Tuhan dengan panggilan 'loe'. "Tuhan aja di panggil elo," tulis netizen. "Cuma Nia yg manggil Tuhannya Lo netizen mau iba kan jadi salfok sama kata-kata lo itu," timpal lainnya.

Load More