Anang Hermansyah dan Aurel Hermansyah. (Instagram/@ashanty_ash/@urelie.hermansyah)

Matamata.com - Berkas pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar telah dikirim ke KUA Ciputat Timur untuk ditujukan ke KUA Sawah Besar. Dalam berkas, nama Anang Hermansyah sebagai ayah Aurel tertulis sebagai wali nikah.

"Dalam keterangan di sini iya (Anang wali nikah), kalau masih ada ayah kandungnya ya ayah kandungnya," kata Taher Iswahyudi perwakilan KUA Ciputat Timur ditemui di kantornya, Senin (22/3/2021).

Taher menjelaskan bahwa dalam pernikahan, wali nikah adalah ayah kandung calon mempelai perempuan. Bila si ayah sudah meninggal bisa digantikan oleh kakek dari pihak ayah dan seterusnya.

Baca Juga:
Anang Hermansyah Gendong Aurel saat Siraman, Ashanty: Malamnya Encok

Aurel Hermansyah dan Anang Hermansyah (Instagram/@aurelie.hermansyah)

"Wali itu ada tertibnya, dalam hukum yang dianut Imam Syafii, dalam hal ini kompilasi hukum islam, bahwa tertib wali itu kalau bapak masih ada bapak dulu, bapak kandung," ujarnya.

"Kalau sudah meninggal, ke kakek, dan selanjutnya ke atas, kalau nggak ada saudara kandung laki-laki sebapak, kalau nggak ada baru paman dari pihak bapak," katanya lagi.

Terakhir, wali pengganti jatuh pada sepupu laki-laki dari pihak ayah.
"Kalau nggak ada baru wali hakim (pihak KUA) dalam kondisi walinya semua tidak ada," katanya.

Baca Juga:
Anang Hermansyah Ultah, Aurel Kasih Kado Jam Tangan Seharga Mobil!

Beda cerita jika Anang Hermansyah memberikan kuasa kepada Gus Miftah untuk menjadi taukil wali putrinya, Anang Hermansyah. Ya, Gus Mifta memang pernah menyatakan ditunjuk Anang jadi orang yang menikahkan Aurel.

"Kalau sayanya gugup, tidak bisa mengucapkan ijab, juga gampang menangis terbata-bata ya boleh, seseorang tersebut bertaukil wali kepada orang yang dia percaya," ujar dia.

Namun Taher memastikan nama wali yang tercancum dalam surat rekomendasi nikah tersebut adalah Anang Hermansyah. Pernah jadi anggota DPR, dia ragu suami Ashanty itu melimpahkan kuasa pada orang lain.

Baca Juga:
Sambil Nangis, Anang Hermansyah Minta Aurel Hormat dan Tak Menghardik Suami

"Anang kan anggota DPR, masa iya sekelas beliau bertaukil wali kepada orang lain, karena yang lebih afdal untuk menikahkan ya bapaknya langsung," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pengasuh Ponpes Ora Aji KH Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah mengaku ditunjuk ayah Aurel, Anang Hermansyah, menjadi orang yang menikahkan Aurel.

Gus Miftah (Youtube.com)

"Keluarga Anang minta supaya jadi penghulu untuk menikahkan Atta dan Aurel. Prosesnya tentunya Anang sebagai wali minta saya mewakili beliau untuk menikahkan si Aurel," kata Gus Miftah dikutip dari kanal YouTube KH Infotainment, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga:
Aurel Hermansyah Minta Restu ke Anang Hermansyah, Bersimpuh dan Menangis

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sudah memulai rangkaian acara menuju pernikahan diawali dengan lamaran pada 13 Maret lalu.

Usai lamaran, mereka gelar acara siraman pada Jumat (19/3/2021), dan dilanjutkan pengajian pada Sabtu (20/3/2021).

Puncak acara adalah akad nikah yang akan pada 3 April mendatang.

Kemungkinan besar, lokasi akad Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah digelar di Masjid Istiqlal yang masuk wilayah Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Apalagi, keduanya juga sempat survei masjid tersebut.

Load More