Ian Kasela (Instagram/@iankaselaradja)

Matamata.com - Tahun ini, Band Radja merilis lagu religi di bulan Ramadhan 1442 H. Judul lagunya sama seperti single terbaru grup musik Sabyan, yakni Sapu Jagat.

Vokalis Radja, Ian Kasela, tak mau dibilang menjiplak karya Sabyan meskipun judul lagunya sama. Protes Ian disampaikan di Instagram.

Ian Kasela

"Tadi sore gue dapet beberapa link, ada yang ngirimin, (link) media online, di situ disebut lagu religi Radja yang baru di ramadan ini dibilang menjiplak, agak sedikit nggak habis pikir lah," kata Ian Kasela dikutip, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga:
Lupa Pakai Kacamata, Wajah Ian Kasela Disorot: Mirip Ayus Sabyan!

Menurut Ian, bukan berarti bisa disebut sebagai tindakan plagiarisme meski judul lagunya sama. Sementara lirik di bagian reff yang memuat doa sapu jagat menurutnya adalah milik semua umat Islam karena ada di dalam Alquran.

"Memang kalau lirik di Reff itu memang sebuah doa Sapu Jagat dan itu berlaku untuk seluruh umat muslim ya, jadi tidak bisa kita mengklaim itu milik kita karena itu doa," ujarnya menjelaskan.

Ian Kasela (Instagram/@iankaselaradja)

Kepada sebagian masyarakat yang menyebut Sapu Jagat milik Radja meniru milik Sabyan, Ian Kasela merasa kecewa. Dia meminta mereka menyimak baik-baik notasi lagunya apakah benar mereka meniru atau tidak.

Baca Juga:
Pakai Kacamata Hitam Tanpa Bandana, Atta Halilintar Mirip Ian Kasela!

"Kenapa nggak coba direset dulu, silakan disimak dulu, dengarkan baik-baik lagunya, notasinya, apakah benar mengcopy-paste atau menjiplak," katanya.

Ketika dilihat dan dibandingkan, video klip Sapu Jagat milik Radja dan Sabyan sedikit berbeda meski memiliki kesamaan lirik di bagian Reff dan judul. Sabyan, dalam video klipnya menampilkan model yang sedang berakting yang mengikuti lirik dan alunan nadanya.

Ian Kasela (Instagram/@iankaselaradja)

Sementara Radja di video klipnya menampilkan sang vokalis dengan Dewi Perssik yang beradegan sensual. Namun, konsep band Radja dan Sabyan Gambus sama-sama memakai warna hitam. Soal waktu perilisan klip memang lebih dulu Sabyan di awal Maret lalu, sementara Radja pada 9 April.

Baca Juga:
Ian Kasela Lelang Kacamata Ikonik, Imbas Pandemi Corona?

Load More