Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Suami Tasya Kamila, Randi Bachtiar divonis kanker getah bening.  Tasya Kamila pun bercerita soal awal mula suaminya divonis kanker dan ternyata gejalanya dimulai pada 2019.

Kala itu Randi Bachtiar hendak berlatih untuk marathon. Lalu pria lulusan ITB itu merasakan sesak di dada. "Kalau malam suka ngerasa sesak. Kami pikir lagi banyak latihan lari aja. Selain itu pegal juga, tapi kan itu dirasakan orang-orang," kata Tasya Kamila di rumahnya kawasan Cinere, Depok, Senin (10/5/2021).

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (MataMata.com/Rena Pangesti)

Untuk menormalkan kondisinya, Randi Bachtiar bahkan butuh waktu setengah jam. Sampai, dia sering batuk pada Oktober 2020. "Batuknya hampir tiga minggu. Kami ke dokter THT juga, dikasih antibiotik sampai habis. Dokter THT bilang sudah nggak ada gejala infeksi lagi," tutur penyanyi 28 tahun.

Baca Juga:
Sempat Dirahasiakan, Tasya Kamila Kabarkan Suami Berjuang Lawan Kanker

Tapi batuk itu tak kunjung sembuh. Malah diperparah dengan keluar darah. "Terus sekali waktu, Randy keluar darah batuknya. Bukan dari muntah darah, cuma dahak keluar darah," jelas Tasya Kamila.

Lalu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengingat kondisinya yang buruk. Baru diketahui ada yang janggal di rongga dada Randi Bachtiar usai dirontgen.

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (MataMata.com/Rena Pangesti)

"Dokter paru akhirnya menyarankan CT scan dan baru jelas ada massa di rongga dada," tutur pelantun "Libur T'lah Tiba" ini. "Massanya lumayan gede, ukurannya 9,2x5,5 cm tebalnya 1 cm," imbuh Randi Bachtiar.

Baca Juga:
Anak Sering Pukul Diri Sendiri, Sikap Bijak Tasya Kamila Dipuji: Salut!

Tindakan lanjutan, Randi Bachtiar melakukan biopsi untuk mengetahui apakah sesuatu itu merupakan tumor atau hal lain. "Awalnya terdiagnosis dengan timoma. Itu penanganannya harus dioperasi, bedah thorax, Januari (2021)," tutur Tasya.

Nyatanya, baru diketahui jenisnya adalah kelenjar getah bening setelah dilakukan operasi.  Hanya saja usai dioperasi masih ada sisa kelenjar getah bening di tubuh Randi Bachtiar.

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (MataMata.com/Rena Pangesti)

Inilah alasan bapak satu anak itu menjalani perawatan lanjutan. "Penangananya dengan kemoterapi dan radiasi," kata mantan penyanyi cilik ini.

Baca Juga:
5 Artis Bak Seleb Bollywood di Nikahan Rocky Soraya, Tasya Kamila Manglingi

Maka tumor di tubuh Randi Bachtiar mengecil setelah dilakukan empat kali kemoterapi dan 10 kali radiasi. "Rencananya 25 kali radiasi. Dokter bilang jenis ini adalah yang bisa disembuhkan, berdoa saja bismillah," tutur Tasya Kamila.

Load More