Tinwarotul Fatonah Yuliani | MataMata.com
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Instagram/@raffinagita1717)

Matamata.com - Nagita Slavina dipilih sebagai duta Pekan Olahraga Nasional (PON) dan mengenakan pakaian adat Papua. Namun, terpilihnya istri Raffi Ahmad itu dinilai tak mencerminkan keindahan dan keaslian Papua itu sendiri.

Protes tersebut dicuitkan akun @gyozagonza di twitternya. Mengunggah artikel dan potret Nagita Slavina dalam balutan pakaian Papua,  ia menuliskan kekecewaannya.

"Karena tidak ada lagi perempuan Papua Barat untuk mewakili budaya mereka sendiri. Apropriasi (kesadaran terhadap budaya) tuh bukan cantik ya..," cuitnya, dikutip Senin (1/6/2021).

Baca Juga:
Batal Belikan Nagita Slavina Vila Rp 200 Miliar, Raffi Ahmad: Hemat Dulu

Nagita Slavina kenakan pakaian adat Papua diprotes. (Twitter)

"Dan berhenti membuat alasan untuk perempuan ini (Nagita) dia bisa saja menolak ketika mengetahui dia bukan orang Papua. Berhenti membuat alasan untuk bukan Orang Asli Papua (OAP), dia dewasa kan, dia bisa saja menolak," ujar @gyozagonza lagi.

Cuitan tersebut kini sudah mendapat ribuan likes dan ratusan retweet. Sayangnya, akun tersebut membatasi komentar balasannya.

"Bikin alasan terus utk non-OAP, meskipun mereka memiliki lebih banyak privilege dari ko.  Heran knp standar kecantikan masih kulit putih/rambut lurus dll. Masa non-OAP mewakili orang pribumi di tanah pribumi? Make it make sense," sambungnya.

Baca Juga:
Raffi Ahmad Godain Adik Rachel Vennya, Panik Keciduk Nagita Slavina

Netizen yang membalas cuitan tersebut pun banyak yang setuju akan protes akun tersebut. Meski untuk kepentingan engagement publik, Nagita Slavina dinilai tak bisa merepresentasikan perempuan dan adat Papua.

Nagita Slavina (Youtube.com)

"Gw sih gak terlalu masalahin asalnya, tapi knp NS yg terpilih? Apa gak ada wanita lain yg lbh mampu dan lbh paham budaya papua???" komentar netizen.

"Mereka mulu. Pemerintah ga kenal artis laen ya?" komentar netizen lain. "Mace Pace lebih baik ketimbang anda," tambah yang lain.

Baca Juga:
8 Potret Nagita Slavina Belanja di Pasar, Tetep Tampil Stylish

"Kritiknya ini sepertinya bukan Nagita ga boleh jadi Duta PON, tapi soal apropriasi budaya Papua. Sebagai Duta PON ya Nagita pake aja baju sporty, atau apa kek. (Di sisi lain) Sedang ada operasi militer di Papua, tapol juga makin banyak; makin ga pantes sembarang pake budaya Papua," balas netizen lainnya.

Diketahui, selain Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, pesepak bola Boaz Solossa juga didapuk sebagai Duta PON XX yang akan digelar di Papua tahun ini. PON Papua semula rencana digelar pada 20 Oktober hingga 2 November 2020, namun karena pandemi Covid-19, acara tersebut rencana digelar Oktober 2021.

Baca Juga:
8 Potret Vila Mewah yang Diidam-idamkan Nagita Slavina

Load More