Yohanes Endra Farah Nabila | MataMata.com
Lukman Sardi. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Lukman Sardi secara detail mengungkapkan perjalanan spiritualnya pindah agama dari Islam ke Kristen. Jadi salah satu artis pindah agama, Lukman Sardi mengaku bahwa dirinya menjadi seorang Kristiani sepulangnya dari ibadah umrah di Tanah Suci.

Pada bulan November 2019 lalu, untuk pertama kalinya cerita Lukman Sardi pindah agama ia beberkan ke publik lewat YouTube Alvin and Friends.

Keputusan pindah agama sempat membuat Lukman Sardi berbeda pendapat dengan sang ayah, almarhum violis Idris Sardi. Namun kemantapan hatinya menjadi penganut Kristen justru dipengaruhi oleh sang kakek.

Baca Juga:
Lukman Sardi Curhat Diancam Listrik di Rumahnya akan Diputus

Lukman Sardi [Suara.com/Alfian Winanto]

"Sekali-kalinya gue trending topic di Twitter dan Instagram. Gue nggak paham tiba-tiba temen gue bulang lo liat Instagram lo. Komennya ratusan, gue pikir sesuatu yang keren, makin ngetop. Iya makin ngetop sih, hehe," seloroh Lukman Sardi kepada Alvin.

"Itu perjalanan sih. Setiap orang punya perjalanan yang berbeda-beda konsekuensi dari pilihan yang diambil. Dari kasus gue adalah tentang agama," lanjutnya.

Dilanjutkan Lukman Sardi, meski dia berasal dari keluarga Islam yang cukup kuat, namun tak banyak orang tahu kalau banyak kerabat dari ayah dan ibunya yang berbeda agama.

Baca Juga:
Reza Rahadian Gantikan Lukman Sardi Sebagai Ketua FFI

Lukman Sardi (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

"Gue punya latar belakang agama Islam yang cukup kuat karena keluarga Islam. Tapi banyak yang nggak tahu kalau sepupu-sepupu Bapak gue juga banyak yang Kristen. Sepupu Bapak gue yang tinggal di Jogja itu banyak sekali yang Kristen, termasuk keluarga ibu gue.

Di keluarga gue itu sangat plural. Mereka tidak ada isu masalah yang besar terhadap hal itu. Bahkan adik gue lebih dulu convert (pindah agama Kristen)," tambah Lukman Sardi.

Jujur Lukman mengatakan keinginannya berpindah agama ke Kristen sempat dikritisi oleh alarmhum ayahnya.

Baca Juga:
Lukman Sardi Vaksin Covid-19 Tanpa Sarapan, Begini Penjelasannya

Lukman Sardi dan ketiga buah hatinya. (Instagram/@lukmansardi)

"Walaupun namanya orang tua pengen anaknya (punya agama) sama. Dan Bapak gue jujur bilang seperti itu. Tapi dia kembali menyerahkan ke gue. This your life, not my life. Tapi dia mengingatkan, pada saat mengambil pilihan lo harus bertanggung jawab nggak bisa menyalahkan orang lain, itu yang selalu gue pegang," beber Lukman lagi.

Malah, di penghujung usianya, Idris Sardi mengaku bahagia dengan keputusan Lukman berpindah agama.

"Ini sekaligus mematahkan bahwa selama ini ada orang bilang pasti bapaknya sedih. Bapak gue sebelum meninggal happy, ini pertama kali gue bilang. Dia bilang 'kamu sekarang berada di tempat yang paling tempat buat kamu Lukman'.

Pindah agama setelah umrah

idak disangka-sangka, Lukman Sardi malah mendapatkan hadiah pergi umrah secara gratis.

"Sampai besokannya gue sadar ini jawaban doa gue. Gue ikut film Nagabonar Jadi 2 dan itu box office. Dia ngasih bonus umrah. Padahal gue lagi dalam perjalanan (spiritual) ini," terang Lukman Sardi dalam tayangan Youtube Daniel Mananta Network.

Pemain film Di Balik 98 ini kemudian tetap berangkat umrah. Tapi saat menjalani tawaf di ka'bah. Lukman Sardi kebawa emosi mengingat kesulitan menyentuh hajar aswad.

"Gue jalanin umrah sebagai umat Islam. Pas tawaf itu gue ngerasa bukan hal yang mudah untuk sampai di ujung. Semua emosi gue marah banget karena gue nggak nyampe-nyampe gue kata-katain semua orang," tambahnya.

Lukman Sardi di acara gala premiere 'Surat Kecil untuk Tuhan' di CGV Cinemas, kawasan Thmarin, Jakarta Pusat, Selasa malam (20/6/2017). [suara.com/Ismail]

Menurut lelaki 50 tahun ini, keputusannya pindah agama datang dari sang kakek. Kala itu kakeknya berpesan soal kekuatan kasih Tuhan dalam Alkitab.

Lukman Sardi mengingat ucapan sang kakek untuk terus menyebar kasih. Di sini, dia merasa mendapat hidayah Tuhan. 

"Sampai akhirnya gue diingetin tulisan opa gue tentang kasih itu. Akhirnya gue diem dulu, gue jalanin konsep dulu. Ada orang yang lewat gue kasih, tiba-tiba gue nggak sadar, gue sudah di ujung," ujar Lukman Sardi.

Lukman Sardi [suara.com/Bowo Raharjo]

"Gue nyium dan dikasih waktu ekstra terus gue nangis sejadi-jadinya. Itu kasih yang gue cari," lanjutnya.

Sepulang dari umrah, Lukman Sardi memantapkan diri untuk pindah agama. Hanya saja dia masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.

"Makanya waktu gue pulang walau dari umrah itu konsep kasih yang luar biasa. Akhirnya gue pulang lumayan bulat bahwa ini yang gue jalani," pungkas Lukman Sardi.

Load More