Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Gaya 17-an Seleb Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram)

Matamata.com - Hari kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan pembacaan Surat Proklamasi Kemerdekaan oleh Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1945 akan selalu dikenang oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Momen merayakan proklamasi kemerdekaan RI setiap tahunnya selalu menjadi momen yang ditunggu oleh berbagai kalangan masyarakat, termasuk kalangan para seleb.

Setelah Indonesia merdeka dari para penjajah, warga Indonesia tentu berlomba-lomba ingin mengharumkan nama bangsa dengan caranya masing-masing. Tak terkecuali dengan para seleb yang menjadi cucu dan cicit para Pahlawan Nasional yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia. 

Baca Juga:
7 Potret Editan Seleb Korea Lomba 17-an, Seo Ye Ji Ikut Panjat Pinang

Beberapa seleb Indonesia ternyata diam-diam merupakan keturunan dari Pahlawan Nasional. Mereka memiliki gaya masing-masing untuk merayakan 17-an dan mengenang jasa para pendahulunya. Seperti apa gaya 17-an seleb keturunan Pahlawan Nasional? Yuk, simak gaya mereka yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut.

1. Maia Estianty

Gaya 17-an Seleb Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@maiaestiantyreal)

Ibunda Al, El, dan Dul ini merupakan salah satu seleb keturunan Pahlawan Nasional. Maia merupakan salah satu cicit dari Raden Hadji Oemar Said Cokroaminoto. Nenek Maia Estianty, ibunda ayahnya merupakan anak HOS Cokroaminoto.

Baca Juga:
8 Potret Seleb Jadi Paskibraka, Ada Hana Saraswati Hingga Deva Mahenra

Menjelang 17 Agustus tahun 2020 lalu, Maia Estianty tampak berfoto di halaman Istana Merdeka dengan balutan baju batik. Saat itu tampaknya Maia sedang menghadiri sebuah acara yang diadakan oleh Istana Merdeka dalam rangka mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyumbangkan dana untuk APD.

2. Dian Sastrowardoyo

Gaya 17-an Seleb Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@therealdisastr)

Pemain Ada Apa Dengan Cinta? Ini merupakan cucu tokoh pergerakan nasional sekaligus pengurus perhimpunan Indonesia di Belanda, Prof. Sunario Sastrowardoyo.

Baca Juga:
8 Seleb Pakai Seragam Pramuka di Potret Lawas Saat Belum Kenal Make up

Dian Sastro merayakan 17-an dengan mengadakan campaign bersama organisasi One Fine Sky. Dian menyatakan bahwa ia bermimpi ingin semua anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan perlindungan, pendidikan, dan pengasuhan yang baik. Dian mengajak para pengikutnya untuk membeli koleksi kaos One Fine Sky. Setiap pembeliannya akan dikonversi menjadi satu set seragam yang akan diberikan untuk pelajar Indonesia yang kurang mampu. 

3. Asri Welas

Gaya 17-an Seleb Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@asri_welas)

Asri Welas merupakan seleb yang menjadi keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro, sang pemimpin Perang Diponegoro pada 1825-1830 silam. Fakta itu baru diketahui oleh Asri Welas saat dirinya sudah dewasa karena silsilah Pangeran Diponegoro yang dirahasiakan.

Baca Juga:
4 Seleb Punya Gelar Ganda: Maudy Ayunda Lulus dari Stanford University

Asri Welas memiliki gaya sendiri dalam merayakan 17-an. Asri Welas mengikuti menikmati dan mengikuti pertandingan virtual yang diadakan oleh kantor sang suami, Galih Ridha. Asri dan keluarganya sangat kompak memakai kaos merah dengan berbagai hiasan dan aksesoris yang mereka pakai. Meriah banget kan gaya 17-an Asri Welas?

4. Karina Salim

Gaya 17-an Seleb Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@karinasalim)

Aktris, penyanyi, sekaligus ballerina Karina Salim ini juga merupakan seleb keturunan Pahlawan Nasional. Karina Salim merupakan cucu dari Pahlawan Nasional H. Agus Salim yang masuk dalam jajaran anggota Panitia Sembilan.

Memiliki darah keturunan pahlawan, Karina Salim tentu ingin selalu mengenang jasa pendahulunya dan merayakan 17-an dengan gayanya sendiri. Pada 2020 lalu, Karina Salim membawakan sebuah peran dari cerita rakyat Indonesia, Timun Mas. Karina Salim menari dengan balutan kemben dan selendang kuning untuk karya musikal Timun Mas saat itu. 

5. Dewi Yull

Gaya 17-an Seleb Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@dewiyullofficial)

Dewi Yull juga merupakan seleb yang memiliki darah keturunan Pahlawan Nasional. Ibunda Surya Sahetapy ini merupakan cicit RM Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional.

Dewi Yull memiliki gaya 17-an sendiri. Ia merayakan 17-an dengan syuting video klip lagu nasional di Gedung Arsip Nasional beberapa waktu lalu. Dewi Yull juga mengunggah berbagai fotonya dengan twibbon kemerdekaan Indonesia melalui instagram story. 

6. Nia Dinata

Gaya 17-an Seleb Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@ibunia)

Nia Dinata merupakan seleb sekaligus sutradara Indonesia yang memiliki darah keturunan Pahlawan Nasional. Nia Dinata merupakan cicit dari Otto Iskandar Dinata, pahlawan yang memiliki julukan Si Jalak Harupat.

Nia Dinata merayakan 17-an dengan mengunggah berbagai kenangan sang kakek buyut melalui akun instagram pribadinya. Nia mengunggah salah satu berita di koran Pikiran Rakyat yang menampilkan nenek buyutnya saat menghadiri pentas oratorium pada 1974 untuk mengenang Otto Iskandar Dinata.

Para seleb tentunya memiliki gaya masing-masing untuk mengenang para leluhurnya. Mana gaya 17-an seleb keturunan Pahlawan Nasional yang paling kamu sukai?

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari
Load More