Yohanes Endra | MataMata.com
Potret Artis Dibaptis (Instagram/salmafinasunan/inijedar)

Matamata.com - Pembaptisan merupakan salah satu upacara suci yang penting dalam agama Kristen, baik Protestan maupun Katolik. Melalui momen tersebut, seseorang telah yakin untuk menjadi pengikut Kristus yang baik. Seseorang juga dinyatakan siap menjalani kehidupan baru dan meninggalkan dosa.

Pembaptisan memiliki beragam jenis. Momen baptis juga tak selalu berlangsung saat masih bayi. Selain baptis bayi, ada pula baptis dewasa yang juga dijalani sederet artis Tanah Air dan dibagikan melalui media sosial. Simak potret artis dibaptis yang telah disiapkan tim MataMata.com berikut ini.

1. Rafael Tan

Baca Juga:
Jessica Iskandar Jawab Kemungkinan Pindah Agama demi Pacar

Potret Artis Dibaptis (Instagram/@rafaell_16)

Rafael Tan membagikan momen baptisnya pada 23 November 2020 di tengah pandemi Covid-19. Rafael terlihat mengenakan kaos hitam lengan panjang di sebuah kolam renang bersama Pendeta Daniel Alexander dan Ellen Kartiwan. Setelah dibaptis, personel SM*SH tersebut menyerahkan hidupnya kepada Tuhan dan akan hidup untuk menjadi berkat bagi sesama.

2. Marsha Aruan

Potret Artis Dibaptis (Instagram/@aruanmarsha)

Marsha Aruan dibaptis Pendeta perempuan Ursula Thijssen di tanggal cantik 8-8-2020. Marsha terlihat mengenakan gaun panjang putih yang merupakan warna lambang kesucian. Kala itu, Marsha juga dibaptis bersama sang adik, Michelle Aruan.

Baca Juga:
Salmafina Sunan Singgung Ajaran Ngaco saat Ditanya Kedalaman Agama

Momen pembaptisan Marsha sempat bikin heboh karena dikira pindah agama. Lantaran pernah berpacaran dengan El Rumi, Marsha dikira beragama Islam. Faktanya, Marsha sejak lahir telah beragama Kristen dan memang baru dibaptis di usia 24 tahun.

3. Jessica Iskandar

Potret Artis Dibaptis (Instagram/@inijedar)

Pada 25 Agustus lalu, Jessica Iskandar membagikan potretnya bareng Vincent Verhaag dan Pendeta Andre Talabessy yang juga merupakan pelatih Muay Thainya. Mereka terlihat kompak mengenakan baju serba putih.

Baca Juga:
Fix! Serena Williams Jadi Ibu Baptis Anak Meghan Markle

Melalui kanal YouTube Dapur Bincang Online, Jessica Iskandar membenarkan telah dibaptis dan mengaku atas kemauan sendiri. Tak sedikit pula yang berspekulasi apabila Jessica akan segera menikah dengan Vincent setelah momen pembaptisan tersebut.

4. Ranty Maria

Potret Artis Dibaptis (Instagram/@rantymaria)

Ranty Maria membagikan momennya dibaptis bersama rekan-rekan pada 23 Desember 2018. Mereka tampak kompak mengenakan kaos warna kuning bertuliskan "Proclaim in Christ" didampingi Pastor Raymond Fernando Arijanto dan Dimas Wibisono. Ranty menyebut momen pembaptisan tersebut adalah hari terbaik dalam hidupnya.

5. Kiki Fatmala

Potret Artis Dibaptis (Istimewa)

Potret Kiki Fatmala sedang dibaptis mendadak viral di Twitter pada Juli 2019. Dalam potret tersebut, Kiki tampak khusyuk berdiri di kolam renang didampingi 2 pria yang juga sedang berdoa.

Ketika ditanya perihal keputusannya pindah agama, Kiki enggan menjawab. Namun dalam video di channel YouTube Gereja Satu Jam dengan judul "Kesaksian Kiki Fatmala Percaya Tuhan Yesus & Dibaptis", Kiki Fatmala mengaku sudah pindah agama sejak 2014.

6. Salmafina Sunan

Potret Artis Dibaptis (Instagram/@salmafinasunan)

Salmafina Khairunnisa atau yang lebih dikenal sebagai Salmafina Sunan diketahui juga berpindah agama. Melalui InstaStory di awal tahun 2020, Salma membagikan momen bahagianya saat dibaptis. Dalam potret tersebut, putri Sunan Kalijaga ini tampak berbahagia bareng rekan-rekannya.

Kabar Salmafina Sunan pindah agama telah terdengar sejak pertengahan tahun 2019. Keputusan tersebut juga sempat membuat Salma menutup komunikasinya dengan orangtua. Namun kini Salma dan keluarga telah kembali harmonis dengan menghargai keyakinan masing-masing.

7. Felicya Angelista

Potret Artis Dibaptis (YouTube/FELITOgether Official)

Felicya Angelista menjalani pembaptisan ulang saat berkunjung ke Israel-Yordania pada Natal 2019. Dalam kesempatan tersebut, Felicya ditemani sang ibunda berkunjung ke Petra, Yordania dan Nazareth, Israel.

Melalui kanal YouTube, Felicya Angelista membagikan momen saat menjalani baptis selam di Sungai Yordan yang merupakan tempat Tuhan Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. Namun sebenarnya Felicya sudah pernah menjalani baptis selam saat masih SMP.

8. Chelsea Olivia

Potret Artis Dibaptis (Instagram/@chelseaoliviaa)

Chelsea Olivia dibaptis sebelum resmi menikah dengan Glenn Alinskie. Chelsea dibaptis pada 12 Desember 2014 dengan nama baru Gabrielle Chelsea Olivia Wijaya. Kakak Glenn Alinskie juga dibaptis bersamaan dengan Chelsea.

Ketika ditanya soal pindah ke Katolik, Chelsea Olivia menegaskan tidak mengubah keyakinannya. Status agama tersebut ditegaskan hanya untuk KTP lantaran Chelsea dan Glenn sebenanrya telah menyembah Tuhan yang sama sejak lahir.

Berbagai cerita mewarnai momen pembaptisan para selebriti Tanah Air. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor:  Neressa Prahastiwi

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More