Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Profil Tukul Arwana (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Matamata.com - Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan otak pada Rabu Rabu (22/9) malam. Saat ini ia dikabarkan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Tukul Arwana juga sempat mengeluh sakit kepala. Sayangnya hingga kini belum diketahui secara detail tentang penyakit yang diderita presenter sekaligus pelawak populer itu.

Tukul Arwana dikenal sebagai presenter dan pelawak kondang yang tidak pernah gagal menghibur pemirsa. Untuk mengenal lebih dekat sosoknya, simak profil Tukul Arwana berikut ini.

Baca Juga:
Anak Benarkan Tukul Arwana Mengalami Pendarahan Otak

Profil Tukul Arwana

Profil Tukul Arwana (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Sepanjang kariernya, Tukul Riyanto atau Tukul Arwana dikenal karena lawakan yang kocak dan tidak pernah gagal menghibur pemirsa. Pria kelahiran 1963 itu makin dikenal berkat acara Bukan Empat Mata (dulu Empat Mata) yang dibawakannya.

Selain berprofesi sebagai artis, Tukul juga membuka bisnis yang bergerak di bidang hiburan, Ojo Lali Entertainment. Ia melebarkan bisnisnya di bidang kuliner dengan membuka warung bakso bernama Bakso Tukul Arwana. Tukul mempunyai beberapa tempat kost dan rumah kontrakan.

Baca Juga:
Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit, Bagaimana Kondisinya Sekarang?

Tukul Arwana memiliki istri bernama Susiana atau sering diselorohkan dengan sebutan Susi Similikiti yang meninggal dunia pada 23 Agustus 2016. Pembawa acara Mister Tukul itu kemudian menikah lagi dengan Meggie Diaz.

Masa Muda Tukul Arwana

Profil Tukul Arwana (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Tukul Arwana rupanya sudah mulai melawak sejak kelas lima SD. Ia mengikuti berbagai macam perlombaan lawak, mulai dari tingkat Kotamadya Semarang, Jawa Tengah, DKI, dan Jabotabek, serta nasional dan berhasil menjuarai beberapa di antaranya.

Baca Juga:
Vega Darwanti Cemaskan Kondisi Tukul Arwana: Bismillah Yaa Allah

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Tukul melawak sambil bekerja sampingan. Saat itu ia bekerja sebagai sopir angkutan umum. Ia juga pernah menjadi sopir truk gas elpiji di daerah Tanah Mas, Semarang Utara selama dua tahun. Tukul kemudian hijrah ke Jakarta untuk mengadu nasib.

Meski belum sukses, Tukul menikah dengan Susiana dan dikaruniai dua orang anak yang diberi nama Novita Eka Afriana dan Wahyu Jovan Utama. Ia kemudian bekerja di Radio Humor SK bersama rekan pelawak lain seperti Bagito, Patrio dan Ulfa Dwiyanti. Selain itu, Tukul sempat menjadi sopir pribadi.

Perjalanan Karier Tukul Arwana

Baca Juga:
Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit, Dikabarkan Alami Pendarahan Otak

Profil Tukul Arwana (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Nasib Tukul Arwana mulai berubah ketika ia bergabung dengan Lenong Rumpi. Namanya semakin dikenal setelah tampil bersama Joshua di video klip Air yang diingat karena lirik "diobok-obok" sekitar tahun 1997.

Ia mulai meniti karier sebagai pembawa acara televisi. Acara Tukul yang paling terkenal adalah talk show Bukan Empat Mata yang sempat berubah nama menjadi Ini Baru Empat Mata. Acara ini dibawakan Tukul selama 10 tahun mulai 2006 hingga 2016.

Selain menjadi presenter, Tukul juga menjajal dunia akting dengan membintangi film layar lebar seperti Otomatis Romantis. Saat ini Tukul sibuk membawakan acara Tukul Arwana One Man Show di Indosiar.

Kontroversi Tukul Arwana

Profil Tukul Arwana (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Pada Desember 2009, Tukul Arwana sempat tersandung kontroversi karena mencolek Bella Saphira yang merupakan co-host-nya saat itu di Bukan Empat Mata. Akibatnya, Tukul mendapatkan teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

KPI kembali menegur Bukan Empat Mata yang dibawakan Tukul, meminta acara tersebut menghilangkan celotehan atau lawakan yang mengandung hal-hal vulgar, mesum, dan berbau seks yang menjadi favorit sang pembawa acara.

Kemudian pada Mei 2012, Tukul dan acara populer ini kembali disemprit KPI. Pemicunya adalah beberapa narasumber menyanyikan lagu Indonesia Raya secara tidak sopan dan tidak pantas. Tukul juga memotong lagu Kebangsaan Indonesia itu sebelum selesai.

Masuk Rumah Sakit karena Pendarahan Otak

Profil Tukul Arwana (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Kabar Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit karena pendarahan otak dikonfirmasi sang putra yang bernama Ega Prayudi. Ia mengatakan bahwa ayahnya sedang dalam penanganan dokter di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta Timur.

Namun Ega Prayudi belum bisa memberikan informasi rinci mengenai kondisi Tukul. Sebagai anak sulung, ia meminta orang-orang agar mendoakan kesembuhan ayahnya tersebut.

Saat ini kolom komentar Instagram Tukul dibanjiri doa yang ditulis netizen. Mereka berharap Tukul segera diberi kesembuhan. Mereka menantikan kabar baik dari keluarga sang pelawak kondang ini.

Demikian profil Tukul Arwana yang kini sedang dirawat di rumah sakit karena pendarahan otak. Semoga lekas diberi kesembuhan.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More