Yohanes Endra | MataMata.com
Potret Narji Jadi Petani (YouTube/Abang Narji)

Matamata.com - Lama tak terdengar di dunia hiburan, Narji kini memilih bertani di daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Namun pria yang pernah tergabung dengan grup lawak Cagur itu masih aktif di media sosial, membuat konten dari aktivitasnya bertani.

Narji awalnya hanya ingin "melarikan diri" ke Pekalongan. Namun sekarang ia sukses jadi petani. Narji bertani buah-buahan hingga sayuran di sawahnya sendiri. Bahkan sang istri diam-diam membelikannya sawah.

Bertani ternyata bukan hal yang mudah bagi Narji, terutama mencangkul lahan. Namun usaha kerasnya telah membuahkan hasil. Nah, berikut ini deretan potret Narji jadi petani sukses!

Baca Juga:
Potret Lawas Grup Lawak Cagur Jadi Perbincangan, Narji Paling Disorot

1. Awal Narji Bertani

Potret Narji Jadi Petani (YouTube/Abang Narji)

Kesuksesan Narji jadi petani berawal dari ketidaksengajaannya pergi ke Pekalongan, kampung halaman istrinya, Dyan. Ia tertarik saat mengetahui bahwa pedagang sayur yang berjualan di Jakarta ternyata memiliki kehidupan yang sukses di Pekalongan.

Berbeda dari orang kota, masyarakat Pekalongan berinvestasi dalam bentuk sawah dan lahan pertanian. Ini membuat Narji tertarik dan akhirnya memutuskan untuk mencoba berinvestasi di bidang pertanian.

Baca Juga:
Mujurnya Istri Narji: 13 Tahun Lalu Mundur dari Pramugari, Kini Miliarder!

Narji tidak memiliki latar belakang sebagai petani atau pengetahuan mengurus lahan pertanian. Ia didampingi mertuanya, mulai dari membajak sawah hingga memanen semua tanaman. Semuanya dilakukan Narji dengan bantuan sang mertua.

2. Luas Sawah Narji

Potret Narji Jadi Petani (YouTube/Abang Narji)

Narji awalnya hanya membeli sawah di daerah Dawuan. Dyan diam-diam memperluas sawah untuk Narji melalui perantara sang ayah. Istri Narji itu membeli sawah tersebut sebagai hadiah kejutan untuk suaminya.

Baca Juga:
4 Kontroversi Ustaz Solmed, Hina Narji hingga Minta Bayaran Ceramah Tinggi

Narji sendiri tidak pernah merasa pernah merasa membeli sawah di daerah tersebut. Dari membeli sendiri hingga dibelikan istri, luas sawah Narji dan keluarganya sekarang mencapai sekitar 3.000 meter persegi lho.

Lahan pertaniannya itu secara rutin dirawat dan ditanami sayur dan buah-buahan. Narji juga mempekerjakan orang-orang sekitar. Kini siapa yang menyangka sawah-sawah Narji membuahkan hasil yang lumayan.

3. Narji Giat Belajar Bertani

Baca Juga:
Istri Bongkar Fantasi Nakal Narji, Belum Tercapai Selama 13 Tahun Nikah!

Potret Narji Jadi Petani (YouTube/Abang Narji)

Meski tidak memiliki latar belakang bertani, Narji sangat totalitas mengerjakan sawahnya. Lulusan Universitas Negeri Jakarta itu bahkan terjun langsung mengurus sawah-sawahnya. Meski tak mudah, Narji giat belajar, terutama membajak sawah.

Narji melakukan semuanya, mulai dari menggemburkan tanah dengan cangkul, menyiapkan bibit padi, bahkan pernah terseret kerbau saat membajak sawah. Meski berkali-kali jatuh dari kerbau, Narji pantang menyerah.

Narji belajar bagaimana cara membajak sawah dan menyiapkan sawah untuk ditanami padi dari warga sekitar. Ia telah mengalami suka dan duka selama bertani. Ada juga cerita lucu ketika kerbaunya kabur hingga merusak sawah milik orang lain.

4. Bertanam Jahe Merah

Potret Narji Jadi Petani (YouTube/Abang Narji)

Narji bertani banyak tanaman, salah satunya jahe merah yang ditanam di salah satu bagian halaman rumahnya. Ia belajar menanam jahe merah mulai dari bibit hingga proses panen bersama ayah mertuanya.

Lahan yang digunakan merupakan lahan bekas persawahan yang disulap oleh mertuanya menjadi kebun jahe merah. Mertua Narji yang bernama Sudarjo rupanya sangat berpengalaman dalam hal bertani jahe merah.

Narji sendiri terjun langsung dengan mencangkul tanah dari satu bagian ke bagian lainnya. Tak hanya memanen, ia juga ditantang sang mertua untuk mencangkul dan menanam bibit-bibit jahe merah yang belum sempat ditanam.

5. Kolaborasi dengan Petani Porang

Potret Narji Jadi Petani (YouTube/Abang Narji)

Selain mengurus lahan sendiri, Narji juga beberapa kali bekerja sama dengan petani lain di Pekalongan. Ia berkolaborasi petani porang yang sebelumnya adalah seorang anggota dewan. Narji belajar banyak dari petani-petani yang lebih handal.

Melalui kolaborasi ini, Narji belajar cara bertani hingga menjual porang-porang hasil panennya. Ia bahkan menggali tanah ditanami langsung menggunakan tangannya sendiri. Sungguh totalitas sekali ya, Narji.

Itu dia deretan potret Narji sukses jadi petani. Berawal dari ketidaksengajaan, ia kini menjadi petani yang sukses!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More