Yohanes Endra | MataMata.com
Penyanyi Indonesia Tuai Kesuksesan di Luar Negeri (Instagram/secretnumber.official)

Matamata.com - Sederet penyanyi Indonesia tak hanya menorehkan prestasi di dalam negeri. Kemampuan mereka dalam mengolah vokal rupanya juga menuai kesuksesan di luar negeri. Beberapa di antara penyanyi Indonesia mengawali kariernya di industri musik Tanah Air. Namun ada juga yang langsung berkarier di luar negeri.

Siapa saja penyanyi Indonesia yang menuai kesuksesan di luar negeri? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Anggun

Baca Juga:
10 Penyanyi Indonesia Ulang Tahun November, Ashanty Hingga Nella Kharisma

Penyanyi Indonesia Tuai Kesuksesan di Luar Negeri (Instagram/anggun_cipta)

Anggun memulai debutnya pada 1986 dengan merilis album "Dunia Aku Punya". Namun nama Anggun baru melejit ketika merilis single "Mimpi" setelah 3 tahun debut. Selain itu, ada pula lagu "Tua-tua Keladi" dan "Kembalilah Kasih" yang dicintai masyarakat Indonesia di era tersebut.

Karier Internasional Anggun dimulai setelah menikah dan hijrah ke Prancis pada 1994. Anggun kemudian bertemu Erick Benzi yang juga merupakan produser Celine Dion. Single "La Neige au Sahara" mendapat respons positif sebagai salah satu Hit Summer 1997.

Album berbahasa Inggris "Snow on The Sahara" pun disukai masyarakat Eropa hingga terjual 2 juta kopi. Anggun masih terus menuai kesuksesan di luar negeri hingga sekarang. Lagu "Perfect World" yang dirilisnya pada 2019 bahkan berada di Top 10 Billboard Charts-Dance/Club Play Songs.

Baca Juga:
9 Transformasi Tina Toon dari Penyanyi Cilik sampai Jadi Wakil Rakyat

2. Agnez Mo

Penyanyi Indonesia Tuai Kesuksesan di Luar Negeri. (Instagram/agnezmo)

Agnez Mo bukan hanya penyanyi handal, tetapi juga aktris berbakat. Agnez awalnya merupakan penyanyi dan presenter cilik. Nama Agnes Monica makin melambung dengan kesuksesan sinetron Pernikahan Dini yang mulai diputar pada Juni 2001.

Kesuksesan Agnez Mo di luar negeri tidak diperolehnya dengan mudah. Pada 2007, Agnez yang sudah tinggal di Amerika selama 3 minggu harus merelakan mimpinya karena pekerja di label rekaman yang mendukung proyeknya memilih mundur.

Baca Juga:
6 Sumber Kekayaan Nella Kharisma, Penyanyi hingga Bisnis Merchandise

Namun semua kerja kerasnya terbayar dengan kesuksesannya saat ini. Agnez Mo perlahan go international dengan menjadi pembawa acara red carpet American Music Awards 2010. Pada 2017, Agnez Mo merilis album internasional berjudul "X" dengan single "Long As I Get Paid". Kolaborasi Agnez Mo dengan Chris Brown setelah ia memutuskan hijrah ke Amerika pun menuai kesuksesan di luar negeri.

3. Rich Brian

Penyanyi Indonesia Tuai Kesuksesan di Luar Negeri (Instagram/brianimanuel)

Rich Brian mengaku belajar bahasa Inggris secara otodidak. Ia awalnya kerap mengunggah konten komedi seputar Amerika yang membuat kemampuan bahasa Inggrisnya semakin baik. Rich Brian kemudian mulai menulis lagu dan membawakannya melalui kanal YouTube pribadi, yakni lagu fenomenal "Dat $tick" pada 2016.

Baca Juga:
9 Pesona Ashilla Zee eks Blink: Penyanyi Berbakat yang Kian Menawan

Setelah kepopuleran lagu "Dat $tick", Rich Brian menuai kesuksesan di luar negeri. Pria yang dulunya menggunakan nama panggung Rich Chigga tersebut berkolaborasi dengan musisi-musisi internasional, salah satunya Pharrell Williams. Yang terbaru, Rich Brian mengisi lima lagu di album OST film "Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings" (2021).

4. Stephanie Poetri

Penyanyi Indonesia Tuai Kesuksesan di Luar Negeri (Instagram/stephaniepoetri)

Stephanie Poetri telah bermimpi menjadi seorang penyanyi dengan melihat kesuksesan sang ibunda, Titi DJ, sebagai seorang Diva Tanah Air. Stephanie kemudian mengikuti ajang pencarian bakat "Indonesian Idol Junior" pada 2014. Nama Stephanie mulai dikenal setelah merilis lagu "I Love You 3000" yang bahkan masuk Global Viral 50 Spotify.

Stephanie Poetri memulai kesuksesannya di luar negeri dengan digaet perusahaan rekaman Amerika Serikat, 88 Rising, yang juga merupakan label Rich Brian. Sebanyak 9 single telah dirilis Stephanie sepanjang 2020-2021. Kesuksesan tersebut membuat Stephanie mendapat penghargaan Best New Asian Artist Indonesia di Mnet Asian Music Awards 2019.

5. Dita Karang

Penyanyi Indonesia Tuai Kesuksesan di Luar Negeri (Instagram/@secretnumber.official)

Dita Karang mengukir sejarah dengan debut sebagai idol K-Pop di grup Secret Number di bawah naungan agensi Vine Entertainment. Dita bersama Secret Number debut dengan lagu "Who Dis?" pada 19 Mei 2020. Belum lama ini, Secret Number merilis lagu "Fire Saturday" yang kembali membuktikan kepopulerannya di Korea Selatan maupun luar negeri. Berbagai penghargaan telah diraih Dita bersama Secret Number, yakni untuk kategori Rookie Group.

Kesuksesan sederet penyanyi asal Indonesia tersebut bikin bangga ya! Bagaimana pendapatmu? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More