Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram)

Matamata.com - Tradisi melukat merupakan ritual keagamaan yang rutin dilakukan dalam ajaran agama Hindu. Tradisi ini dimaksudkan untuk menyucikan diri baik jiwa maupun pikiran. Salah satu tempat yang masih kental dengan tradisi ini adalah Pulau Dewata, Bali. Tradisi Melukat menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Sederet seleb jalani tradisi Melukat di Bali.

Tradisi Melukat telah dilakukan secara turun temurun dan diyakini oleh masyarakat Bali sebagai cara untuk menghilangkan hal-hal negatif dalam diri. Sehingga tradisi ini pun dianggap sebagai sarana penyucian diri. Sejumlah seleb jalani tradisi Melukat ini juga berharap akan dapat merasakan energi positif setelah energi negatif dalam diri mereka dihilangkan.

Namun sayangnya tidak semua masyarakat tahu bahwa tradisi Melukat ini merupakan bagian budaya. Melukat memang lekat dengan ritual keagamaan umat Hindu karena pemimpin tradisi ini adalah pemuka agama Hindu. Akibatnya banyak yang menduga bahwa mereka yang mengikuti tradisi Melukat ini otomatis berpindah keyakinan menjadi Hindu.

Baca Juga:
Geram! 5 Seleb Sindir Keluarga Doddy Sudrajat, Sampai Tuding Ayah Tiri

Terbaru ada Ariel Tatum yang diduga pindah agama setelah mengunggah potret dirinya jalani tradisi Melukat. Selain Ariel Tatum sejumlah artis tanah air juga pernah jalani tradisi Melukat lho. Kepoin yuk daftar seleb jalani tradisi Melukat yang sudah Matamata.com himpun berikut ini.

1. Nikita Willy

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (YouTube/Nikita Willy Official)

Artis cantik Nikita Willy menjalani tradisi Melukat saat berlibur bersama sang suami, Indra Priawan di Bali. Selama liburan di Bali, Nikita Willy dan Indra pun mencoba belajar tentang budaya Bali, termasuk Melukat. Hal ini diunggah lewat video di kanal YouTubenya Nikita Willy Official.

Baca Juga:
13 Artis Kaya Raya Sejak Lahir, Tajir Melintir Sebelum Jadi Seleb Terkenal

2. Cinta Laura

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/clauramkiehl)

Artis cantik berdarah Jerman Cinta Laura juga pernah menjalani tradisi Melukat ketika liburan di Bali. Cinta Laura menunjukan toleransi berbudaya lewat potret yang ia unggah ketika jalani tradisi Melukat. Tak seperti artis lain yang memakai kebaya, Cinta Laura memilih memakai tank top hitam dengan kain batik biru yang dililitkan di leher dan tubuhnya.

3. Aura Kasih

Baca Juga:
5 Potret Rumah Seleb TikTok: Ada yang Megah Bak Istana Sultan!

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/aurakasih)

Penyanyi yang kini sedang sibuk merawat putri kecilnya, Aura Kasih juga tak ketinggalan untuk ikut menjalani tradisi Melukat di Bali. Ibu dari Arabella Amaral ini menjalani tradisi Melukat di Pura Tirta Empul. Tampak Aura memakai kaos hitam dengan kain merah di pinggangnya. 

4. Jessica Iskandar

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/inijedar)

Artis cantik Jessica Iskandar kini menetap di Bali. Artis yang baru saja mengumumkan kehamilannya ini pun tak melewatkan tradisi Melukat. Selain untuk pembersihan diri, tradisi yang dijalani oleh Jedar ini juga sebagai saran izin bahwa ia akan tinggal di Bali.

Baca Juga:
8 Seleb Betah Sendiri di Usia 40-an, Fokus Karier hingga Masih Cari Jodoh

5. Raline Shah

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/ralineshah)

Pemain film Raline Shah juga tak melewatkan kesempatan untuk bisa mengikuti tradisi Melukat. Raline Shah tampil segar dalam balutan kebaya dan kain batik warna putih.

6. Nora Alexandra

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/ncdpapl)

Sebelum resmi menikah dengan Jerinx SID, rupanya Nora Alexandra sudah mencoba untuk lebih mengenal dan dekat dekan budaya serta tradisi Bali. Seperti diketahui, Bali adalah tempat lahir Jerinx. Nora Alexandra pun menjalani tradisi Melukat. Ia tampil cantik dalam balutan kebaya kuning dan kain batik.

7. Cita Citata

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/cita_citata)

Pedangdut Cita Citata meluangkan waktunya untuk menjalani tradisi Melukat saat liburan ke Bali. Bersama dengan rekan sesama artis, Mario Lawalata Cita Citata terlihat khusyuk menjalani tradisi Melukat.

8. Westny DJ

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/westnydj)

Bersama suaminya Westny DJ melakoni tradisi Melukat dengan dipandu seorang pemangku. Tradisi ini dijalaninya untuk menghilangkan pikiran negatif dalam dirinya sehingga ia merasa lebih tenang.

9. Ariel Tatum

Seleb Jalani Tradisi Melukat. (Instagram/arieltatum)

Saat ulang tahunnya yang ke-25 pada November lalu, Ariel Tatum yang berada di Bali menjalani tradisi melukat. Ia membagikan potret dirinya yang sedang khusyuk menjalani tradisi umat Hindu itu dengan dipandu pemangku. Ariel Tatum begitu cantik menawan saat menjalani tradisi Melukat. Ia memakai kebaya putih dengan kain batik biru rancangan Didiet Maulana yang memang dibuat khusus untuk hari ulang tahunnya. Sayangnya karena hal ini Ariel Tatum digunjing pindah agama.

Itulah sederet seleb jalani tradisi Melukat yang merupakan bagian budaya masyarakat Bali. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More