Ismail | MataMata.com
Rio Ramadhan (Instagram @riooramadhn)

Matamata.com - Rio Ramadhan, lelaki yang dikenal mantan pacar Kekeyi dikabarkan meninggal dunia. Namun kabar itu hanya hoaks semata.

Rio Ramadhan menambah daftar artis yang pernah jadi korban hoaks meninggal dunia. Sebelumnya sederet artis tanah air juga pernah diberitakan meninggal dunia.

Berita hoaks ini memang membuat geram si artis dan warganet, sebab kabar tersebut menyebar tanpa informasi yang jelas.

Baca Juga:
Ibu Kriss Hatta Ogah Punya Menantu Artis: Kalau Ada Masalah, Nggak Besar

Selain itu, berita hoaks tentang meninggalnya seseorang pastinya membuat pihak kerabat dan korban merasa sedih dan kecewa. Apalagi mereka masih dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Berikut ini deretan artis yang pernah jadi korban hoaks meninggal dunia.

1. Rio Ramadhan

Baca Juga:
Bilqis Minta Kado Ulang Tahun Semua Album BTS, Ayu Ting Ting Ngeluh

Profil Rio Ramadhan. (Instagram/@riooramadhn)

Mantan kekasih Kekeyi ini diberitakan meninggal dunia. Kabar ini bermula dari akun TikTok @RioRamadhan yang diunggah oleh perempuan yang mengaku sebagai adiknya. Ia memberitakan bahwa Rio meninggal dunia. Tak lama, Rio Ramadhan pun muncul dan mengaku berita itu bohong dan akunnya telah di hack. Netizen justru memberikan respon tak terduga. Bahkan akun @lambeturah_official menyebut kabar ini sebagai prank pertama tahun 2022.

2. Panji Sang Petualang

Panji Petualang (YouTube/DeddyCorbuzier)

Panji adalah presenter acara petualangan yang dikenal pemberani dan mampu menaklukkan binatang buas seperti ular. Namun pada tahun 2017, ia dikabarkan meninggal karena gigitan Komodo. Panji akhirnya muncul dan mengklarifikasi bahwa berita itu tidaklah benar.

Baca Juga:
Rekan Artis Beduka, Penyanyi Senior Nindy Ellesse Meninggal Dunia

3. Manohara Odelia Pinot

Manohara. (Instagram/@manodelia)

Manohara Odelia menjadi dikenal publik karena drama pernikahannya dengan anak Sultan Kelantan. Ia pun menjajal dunia model dan akting. Ketika kariernya meredup dan tak lagi disorot, ia justru diberitakan meninggal dunia. Kabar ini segera ia klarifikasi lewat Instagram dan mengabarkan bahwa ia masih hidup dengan baik. Serta masih sibuk menjadi model.

4. Fatin Shidqia

Baca Juga:
Rafael Tan Lamar Pacar, Pemandangan Tempatnya Indah Banget

Fatin Shidqia. (Matamata.com/Ismail)

Penyanyi jebolan X-Factor, Fatin juga pernah dikabarkan meninggal pada tahun 2016. Berita ini sangat mengejutkan warganet. Akhirnya lewat Twitternya, @FatinSL dia meluruskan kabar bahwa ia masih hidup dan sehat. Bahkan Fatin juga baru saja wisuda lho.

5. Agnez Mo

Agnez Mo (MataMata.com/Evi Ariska)

Penyanyi kebanggaan tanah air Agnez Mo juga tak lepas dari berita hoaks. Di tahun 2011, Agnez Mo dikabarkan meninggal dunia. Bahkan penyebab meninggalnya pelantun lagu Coke Bottle ini dikabarkan karena overdosis obat. Berita bohong ini jelas keliru, Agnez Mo masih sehat dan terus berkarya hingga sekarang.

6. Ariel NOAH

Ariel NOAH (Youtube.com/SULEChannel)

Vokalis band Noah, Ariel pernah ditimpa isu miring tentang kematiannya. Di tahun 2012, mantan kekasih Luna Maya itu pernah dikabarkan meninggal dunia.

Saat itu Ariel yang sedang menjalani masa tahanan karena kasus video syurnya dikabarkan meninggal di dalam tahanan.

7. Ashanty

Ashanty. (MataMata.com/Ismail)

Ashanty yang kini tengah menikmati liburan bersama keluarga dan besan di Turki ini pernah diberitakan meninggal dunia. Kabar ini muncul setelah ia kedapatan sering bolak-balik ke rumah sakit. Saat itu, kondisi kesehatannya memang sedang tak baik. Tapi kabar hoaks itu tetap saja mengejutkan dan membuat prihatin.

8. Sahrul Gunawan

Potret Terbaru Sahrul Gunawan. (Instagram/sahrulgunawanofficial)

Artis yang kini terjun ke dunia politik, Sahrul Gunawan pernah tertimpa isu hoaks tentang kematiannya. Ia dikabarkan meninggal dunia karena kecelakaan.

Rupanya berita ini bermula dari kecelakaan mobil di Sulawesi yang melibatkan seorang bernama-sama dengannya. Orang-orang mengira Sahrul Gunawan yang meninggal adalah dirinya.

9. Wendi Cagur

Wendi Cagur dan Iwa K. (Instagram/@wendicagur)

Komedian Wendi Cagur pernah dikabarkan meninggal dunia. Berita ini ramai di media sosial terutama TikTok dan Facebook. Wendi pun segera meluruskan berita tak benar itu.

10. Uya Kuya

Uya Kuya saat ngobrol bareng Olla Ramlan (Youtube.com)

Lagi-lagi dari TikTok, berita hoaks tentang kematian artis menyebar. Kali ini giliran Uya Kuya yang harus mendapat pengalaman tak menyenangkan ini. Kabar ini dibantah sang istri Astrid Kuya, ia bahkan mengisyaratkan akan mengambil langkah hukum pada para penyebar hoaks ini.

11. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan (YouTube.com)

Ivan Gunawan yang baru saja berulang tahun ke-40 ini juga pernah dikabarkan meninggal dunia. Sebuah akun YouTube menyebarkan berita yang menggiring opini publik seolah-olah bahwa Igun meninggal dunia.

12. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah (YouTube/NGOBROL ASIX)

Setelah sang istri, kini Anang Hermansyah juga menjadi korban hoaks. Ia dikabarkan meninggal dunia lewat akun bernama Siti di grup Facebook Suara Hati Istri Indosiar. Unggahan itu juga dilengkapi dengan foto Anang yang memakai selang oksigen. Kabar ini membuat pihak keluarga kecewa dan marah.

13. Elvy Sukaesih

Elvy Sukaesih. (Instagram/elvy_sukaesih)

Pedangdut senior Elvy Sukaesih dikabarkan meninggal tak lama setelah ia dinyatakan positif Covid-19. Berita hoaks itu menyebar lewat pesan berantai.

14. Gary Iskak

Profil Gary Iskak (Instagram/@iskak_gary)

Gary Iskak yang berjuang melawan kanker pernah dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini segera dibantah sang istri Richa Novisha. Sang suami dalam keadaan sehat dan masih menjalani berobat jalan di rumah.

15. Iwan Fals

Iwan Fals (Instagram/@iwanfals)

Musisi kondang Iwan Fals pernah dikabarkan meninggal dunia yang ternyata adalah berita hoaks. Bahkan pelantun lagu Bento ini sudah tiga kali diberitakan meninggal, terakhir pada tahun 2013. Kabar hoaks ini menyebar dengan cepat dan dipercaya publik. Padahal Iwan Fals masih sehat dan bugar bahkan, ia juga tengah sibuk mengerjakan proyek musik Rapijali dengan Dewi Lestari.

Itulah 15 artis yang pernah jadi korban hoaks meninggal dunia. Berita bohong itu tak hanya bikin kaget tapi juga geram. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More