Nur Khotimah Rena Pangesti | MataMata.com
Chef Arnold saat memasak tahu walik (Youtube.com)

Matamata.com - Sosok Ghozali Everyday tengah menjadi sorotan di dunia maya karena dikabarkan berhasil menjual NFT (Non Fungible Token) berupa swafoto miliknya di OpenSea senilai Rp13,8 miliar.

Ghozali Everyday kabarnya mengumpulkan swafoto tersebut selama lima tahun. Kabar ini pun cepat menyebar di media sosial hingga menuai tanggapan dari berbagai pihak, termasuk Chef Arnold.

Chef Arnold (Instagram/@arnoldpo)

Menariknya, Chef Arnold menyampaikan protes. Koki ternama ini meluruskan kabar yang menyebut Ghozali mendapatkan belasan miliar dari NFT. Ia mengatakan, jumlah uang yang dikantongi, berbeda dengan total penjualan.

Baca Juga:
Kelihatan Mewah pas Dipakai, Harga Baju Unik Fuji Ternyata Murah Banget

"Artist atau siapa yang listing NFT cuma dapat harga jual awal persen royalti di setiap transaksi," tulis Chef Arnold di Instagram, Kamis (13/1/2022).

"Jadi punten, Gozali nggak bikin 13-14 m (miliar)," imbuhnya.

Chef Arnold luruskan kabar yang menyebut Ghazali kantongi belasan miliar dari NFT [Instagram/@arnoldpo]

Di sela penjelasan itu, salah satu warganet bertanya mengenai berapa uang yang sebenarnya diterima Ghozali. Sehingga kedepannya tidak timbul berita simpang siur.

Baca Juga:
Lirik Lagu Oh My God Adele, Perempuan Cukup Jadi Diri Sendiri

"Jadi total kisaran perolehan Ghozali berapa Chef?" tanya si warganet.

Chef Arnold luruskan kabar yang menyebut Ghazali kantongi belasan miliar dari NFT [Instagram/@arnoldpo]

Chef Arnold memperkirakan, Ghozali mungkin hanya mendapat sekitar Rp 1 miliar dari NFT yang dijualnya.

Kendati begitu, angka ini cukup fantastis bukan melihat penjualan NFT bermodalkan foto selfie.

Baca Juga:
Mayang Ngaku Dicibir Netizen Mirip Janda dan Pembantu: Yasudah Identik

Tapi perlu diingat, apa yang dilakukan Ghozali adalah hasil konsistensi selama lima tahun. Ia mengatakan NFT yang dijual merupakan foto yang diambil sejak 2017-2021.

NFT ghozali [OpenSea]

Awalnya, Ghozali mengumpulkan foto tersebut untuk diedit dalam video. Nantinya setelah lulus kuliah, ia akan menggabungkan foto itu dengan pencapaian pendidikannya.

"Itu akan menjadi perjalanan yang keren!" ucap Ghozali.

Baca Juga:
Aktor Kim Dong Hee Akui Jadi Pelaku Bullying saat SD, Fans Kecewa!

Tapi kemudian, Ghozali justru memanfaatkan 933 foto selfienya untuk dijual dalam format NFT. Maka pada 10 Januari, ia mengunggah foto itu dan menjajakan di OpenSea.

Tanpa terduga, foto itu laris manis dibeli warganet. Ghozali berhasil menjual NFT kepada 439 orang dengan harga 288 etherum.

Sebagai informasi, Ethereum adalah token Aset Kripto yang mirip dengan bitcoin. Ketika dikonversikan ke rupiah, 288 etherum terbilang fantastis yakni sekira Rp 13,8 miliar.

Load More