Ismail | MataMata.com
Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Matamata.com - Nama pembalap Sean Galael kembali menjadi perbincangan, bukan karena kecelakaan saat bersama dengan ketua MPR RI Bambang Soesatyo, melainkan karena Valentino Rossi dinyatakan resmi bergabung dengan W Racing Team (WRT) dimana Sean bergabung.

Walau satu tim, Sean dan Rossi tidak akan bisa bermitra. Lantaran keduanya turun di dua ajang berbeda. Sean akan turun balapan di kejuaraan FIA World Endurance Championship (WEC). Adapun Rossi akan balapan di GT World Challenge Europe.

Namun yang menyamakan adalah mereka akan sama-sama memulai balapannya di tahun 2022 ini.

Baca Juga:
Fico Fachriza Sudah Pakai Narkoba Sejak 2016, Belinya Lewat Medsos

Lantas sudah pada akrab belum dengan sosok Sean Galael yang satu tim dengan legenda Moto GP Valentino Rossi? Berikut profilnya:

1. Profil Sean Galael

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Sean Galael adalah pembalap muda kelahiran 1 November 1996. Nama lengkapnya adalah Muhammad Ricardo Sean Galael. Sean adalah cucu dari pengusaha sukses Dick Galael yang tak lain adalah pendiri KFC Indonesia.

Baca Juga:
9 Pesona Mouni Roy, Artis India yang Mau Menikah dengan Suraj Nambiar

2. Memilih Jejak Ayahnya Sebagai Pembalap

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Ayah Sean adalah Ricardo Galael dan artis senior RA Sri Sudarini atau Rini S. Bono adalah ibunya. Sean memilih untuk mengikuti jejak sang ayah untuk menjadi pembalap ketimbang menjadi seorang artis.

3.Sudah Punya Pacar

Baca Juga:
Inul Daratista Tak Pernah Sewa Baju Buat Show, Alasannya Berkelas!

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Sean Galael diketahui berpacaran dengan Naarah Josoef yang merupakan sepupu dari Dian Sastrowardoyo. Sang kekasih juga kerap memberikan dukungan pada Sean.

4. Awal Karier

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Sean Galael memulai karier balapan sejak tahun 2005. Saat itu, ia turun di Kejurnas Sprint Rally dan menjadi navigator bagi sang ayah. Ia kemudian turun di ajang gokart musim 2009 di kelas Rotax Max Junior. Tapi ia juga tetap bertahan di kejurnas reli.

Baca Juga:
9 Fakta Felicia Hutapea, Putri Hotman Paris yang Pernah Tegur Luna Maya

5. Karier Internasional

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Karier internasional Sean Galael dimulai pada tahun 2011. Ia menjadi salah satu pembalap Indonesia yang turun di ajang Gokart Internasional.

6. Pindah ke Eropa

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Pada tahun 2013, Sean Galael pindah ke Eropa dan mengikuti ajang F3 Eropa selama 2 tahun. Ia ikut serta dalam GP 2 Series yang kemudian berganti nama menjadi FIA Formula 2. Ia juga berpartisipasi dalam Asian LeMans Series sebanyak setengah musim.

7. Finis ke-2

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Baru pada tahun 2016, Sean Galael berkesempatan ikut kompetisi GP 2 Series dengan tim Campos Racing. Saat bersama Campos Racing, ia satu tim dengan Mitch Evans.

Saat balapan di GP 2 bersama dengan Campos Racing, Sean Galael pernah sukses finis di urutan kedua. Sean pun sukses naik podium pertamanya di Red Bull Ring. Ia bersebelahan dengan Mitch Evans, rekan setimnya yang berhasil meraih podium pertama.

8. LeMans Asia dan LeMans Eropa

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Sean Galael juga berhasil finis di urutan ketiga saat debut di seri LeMans Asia. Ia bersama rekannya saat itu Antonio Giovinazzi berhasil mencatatkan namanya dengan finis ketiga di klasemen. Di musim balap 2012, Ia bergabung dengan Jota Sport. Ia berhasil finis di urutan kedua dan kelima di Dubai. Ia juga sukses memenangkan kedua balapan di Abu Dhabi.

Di LeMans Eropa 2021 Sean Galael masih bersama dengan Jota Sport. Ia dan rekannya pembalap asal Malaysia Jazeman Jaafar berhasil finis di urutan ketiga.

9. FIA Endurance Champhionship

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Di kejuaraan FIA Endurance Champhionship, Sean Galael menorehkan prestasi. Bermitra dengan Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist bersama Jota Sport, ia mampu finis di urutan ketujuh pada 24 Hours of Le Mans 2021.

10. Gabung WRT

Profil Sean Galael. (Instagram/galaelized)

Untuk musim balap 2022, Sean Galael bergabung dengan W Racing Team (WRT). WRT adalah tim juara FIA Endurance Champhionship 2021. Bergabungnya Sean ke tim juara diharapkan akan bisa memacu dan meningkatkan prestasinya. Ia juga satu tim dengan Valentino Rossi meski tak akan bisa bermitra. Sebab keduanya turun di kejuaraan yang berbeda. Ia akan debut pada musim 2022 pada tanggal 18 Maret mendatang.

Itulah profil Sean Galael beserta perjalanan kariernya di dunia balap. Pembalap muda Indonesia yang satu tim dengan mantan pembalap Moto GP, Valentino Rossi. Semoga karier Sean Galael semakin cemerlang. Sukses terus Sean, semoga berhasil naik podium di musim balap 2022 nanti.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More