Ismail | MataMata.com
Profil Ria SW (Instagram/@riasukmawijaya)

Matamata.com - Ria SW dikenal sebagai food vlogger ternama. Hingga Januari 2022, jumlah subscribers kanal YouTube Ria SW mencapai 3,86 juta.

Sejak membuat kanal YouTube pada 2012, Ria SW telah membuat lebih dari 150 video dengan total 777 juta viewers. Keren banget kan?

Siapa Ria SW? Yuk kenalan lebih jauh melalui profil Ria SW yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

Baca Juga:
Fico Fachriza Terancam 12 Tahun Penjara Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

1. Biodata Ria SW

Profil Ria SW (Instagram/@riasukmawijaya)

Ria SW memiliki nama lengkap Ria Sukma Wijaya. Ia lahir di Jakarta pada 29 April. Ria SW menempuh pendidikannya di Fransiskus 1 Jakarta sejak TK hingga SMA. Kemudian ia lulus dari London School of Public Relations jurusan Public Relation pada 2008.

Ria SW memiliki 2 kakak kembar dan dua adik, yang berarti ia anak ke-3 dari 5 bersaudara. Dia sangat menyukai hal-hal berbau alien hingga mengenalkan dirinya berasal dari planet Zizya. Dari kesukaannya tersebut, Ria semakin disukai karena kepribadiannya yang unik.

Baca Juga:
Jadi Profiler Cerdas, 9 Pesona Kim Nam Gil di Through the Darkness

2. Awal Karier Ria SW

Profil Ria SW (Instagram/@riasukmawijaya)

Ria SW diketahui pernah bekerja sebagai freelance tim kreatif untuk video klip di bawah perusahaan Sony serta magang di pusat berita infotainment di Jakarta.

Setelah lulus kuliah, Ria SW awalnya bekerja sebagai Fremantle media yang bertanggung jawab di bidang kreatif dan penulisan naskah berkat rekomendasi kampus.

Baca Juga:
Agnez Mo Nongol di Cover Majalah Ternama Amerika, Raffi Ahmad Kesurupan

Ria SW juga pernah menjadi creative director di SCTV selama 2 tahun dan senior creative di RTV. Setelah itu, Ria kembali ke Fremantle media sebagai asisten produser.

Sebelum memutuskan untuk membuat kanal YouTube, Ria SW juga pernah menjadi produser untuk MBDC (malesbanget.com). Hingga kemudian Ria SW menjadi food vlogger yang dikenal suka makan makanan pedas serta pergi ke berbagai kota, bahkan luar negeri untuk menjajal berburu beragam kuliner.

3. Pendapatan YouTube Ria SW

Baca Juga:
6 Adu Gaya Henny Rahman dan Ayu Aulia, Sama-sama Cantik tapi Ada yang Beda

Profil Ria SW (Instagram/@riasukmawijaya)

Kanal YouTube yang dibangun Ria SW sejak 2012 nyaris memiliki 4 juta subscribers. Ria SW bisa dibilang sebagai salah satu pelopor YouTube kuliner di Indonesia.

Video pertamanya yang berjudul Susah Move On - Phone Call Bikin Baper #1" dibagikan pada 26 Mei 2016.

Penghasilan YouTuber memang tak diketahui secara pasti. Namun selama 2020 hingga 2021 lalu, Ria SW diperkirakan menghasilkan Rp28 juta hingga Rp157 juta tiap bulan.

4. Ria SW Sempat Hiatus

Profil Ria SW (Instagram/@riasukmawijaya)

Menjadi seorang YouTuber terlihat menyenangkan. Namun ada kalanya juga menjumpai titik jenuh, seperti yang dialami Ria SW.

Ia sempat mengumumkan hiatus atau vakum pada 18 September 2020 hingga akhirnya kembali membuat konten pada 9 April 2021. Selama kurun waktu 7 bulan, Ria SW bermaksud mengevaluasi konten yang selama ini dibagikannya.

Selain itu, Ria SW juga menulis buku ketiga "Off The Record 3" yang menjadi seri terakhir bukunya. "Off The Record" diketahui sebagai buku yang menceritakan momen menarik di balik video-video YouTube Ria SW. Seri pertama dan keduanya dirilis masing-masing pada 2018 dan 2019.

5. Bisnis Kuliner Ria SW

Profil Ria SW (Instagram/@riasukmawijaya)

Ria SW tak hanya menjadi food vlogger, tetapi juga membuka bisnis kuliner. Pada 2019, dia mendirikan Ria SW Street Food berkolaborasi dengan restoran Korea bernama Omija.

Selanjutnya, Ria SW juga berbisnis Itaewon Food Series yang bergerak dalam bidang frozen food, terinspirasi dari drama "Itaewon Class". Di tahun yang sama, dia mengembangkan bisnis kulinernya yakni Ria SW Street Food Platter dan Mokki.

Itulah berbagai hal mengenai Ria SW yang membuatnya begitu banyak dicintai. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More