Senin, 24 Januari 2022
Yohanes Endra : Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Jika diminta, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bersedia menjadi saksi dalam sidang perwalian Gala Sky Andriansyah.

"Kalau nanti saya diminta saksi ahli untuk gugatan perwalian, yang diusulkan Pak Faisal, saya siap," ujar Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait ditemui di kantornya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta, Sabtu (15/1/2022).

H Faisal dan Istri ditemui di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Menurut penjelasan Arist Merdeka Sirait, keberadaan Komnas PA dalam sidang perwalian Gala bisa membantu majelis hakim menentukan pihak mana yang lebih berhak mengasuh bocah 1,5 tahun.

"Kami bisa jadi saksi ahli dan saksi fakta, karena lihat bertemu berinteraksi dengan Gala. Jadi ada dua, bisa kami diminta jadi saksi fakta, melihat langsung kondisi. Kemudian kami juga akan buktikan psikolog. Menyatakan anak itu tidak tertekan dan tidak sengsara itu bisa dipakai," kata Arist.

"Kedua, bisa saksi ahli mengenai misalnya apa gugatannya. Apakah perwalian atau pengasuhan. Demi kepentingan terbaik anak, jadi undang-undang memerintahkan kami untuk melakukan yang terbaik bagi anak," ujar Arist.

Doddy Sudrajat bersama pengacara di Polda Metro Jaya. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Kendati demikian, Arist bersama Komnas PA menegaskan bahwa mereka akan tetap berada dalam posisi netral. Sekali lagi, kebutuhan Gala Sky Andriansyah tetap jadi prioritas utama Komnas PA.

"Yang jelas, komisioner akan berpihak pada kepentingan terbaik anak," kata Arist menegaskan.

Sebagaimana diketahui, Komnas Perlindungan Anak ikut terlibat dalam kisruh pengasuhan Gala Sky Andriansyah. Masuknya Komnas PA dimulai saat Doddy Sudrajat datang pada 24 Desember 2021.

Ketika itu, Doddy menyampaikan keresahan soal proses pengasuhan Gala yang menurutnya kurang benar. Doddy juga menyinggung dugaan eksploitasi Gala oleh keluarga Bibi Ardiansyah.

Orangtua Bibi Ardiansyah, Faisal dan Dewi Zuliati di kawasan Petukangan, Jakarta (23/12/2021). (Matamata.com/Adiyoga Priyambodo)

Menindaklanjuti aduan Doddy Sudrajat, Komnas PA kemudian melakukan kunjungan ke kediaman Bibi Ardiansyah untuk melihat keadaan Gala. Ternyata, keresahan Doddy tidak terbukti.

Alih-alih mewujudkan keinginan Doddy Sudrajat untuk mencabut perwalian Gala dari keluarga Bibi, Komnas PA malah merekomendasikan anak mendiang Vanessa Angel untuk tetap tinggal di sana. Komnas PA juga siap menjadi penengah dalam konflik perwalian bagi Gala, yang saat ini membuat hubungan kedua keluarga memanas. (Adiyoga Priyambodo)

BACA SELANJUTNYA

Mayang Bongkar Kriteria Pria Idamannya, Nama Gaga Muhammad Terseret