Nur Khotimah | MataMata.com
Haji Bolot. (Instagram/@haji_bolot_betawi_asli)

Matamata.com - Keuntungan dari keragaman suku bangsa yang dimiliki Indonesia membuat banyak seniman yang berasal dari berbagai suku bangsa. Salah satu suku yang melahirkan banyak seniman berbakat adalah Betawi. Bahkan ada cukup banyak artis Betawi yang punya segudang prestasi hingga jadi legenda.

Nama artis keturunan Betawi yang penuh prestasi mungkin memang tidak sepopuler nama panggungnya. Namun, prestasi mereka sudah diakui dan tak perlu diragukan. Sebut saja almarhum Benyamin Sueb, Mandra, Haji Bolot, juga Malih.

Tapi nama-nama besar mereka itu bukan nama sebenarnya, mereka memakai nama panggung yang singkat, unik, dan biasanya mewakili karakter mereka. Selain nama besar tadi, masih ada cukup banyak artis Betawi yang nggak kalah populer dan berprestasi.

Baca Juga:
Inul Daratista Unggah Foto Terbaru, Tangan Lebam Bikin Publik Khawatir

Kenalan lebih dekat dengan nama asli artis keturunan Betawi yang sudah Matamata.com himpun berikut ini yuk.

1. Ayu Ting Ting

Nama Asli Artis Keturunan Betawi. (Instagram/@ayutingting92)

Siapa tak kenal dengan biduan dangdut penuh prestasi Ayu Ting Ting. Penyanyi asal Depok ini sudah cukup jelas kalau punya darah Betawi sih. Cara bicaranya dan lawakannya yang nyablak ini menjadi ciri khasnya. Nah, kalau nama aslinya sih sepertinya sudah cukup banyak yang tahu. Yaps, nama asli Ayu Ting Ting adalah Ayu Rosmalina. Ting Ting sendiri diambil dari judul lagunya saat ia baru merintis karier.

Baca Juga:
Rey Mbayang Gombali Dinda Hauw, Ussy Sulistiawaty Curhat Dicap Janda Gatel

2. Iko Uwais

Nama Asli Artis Keturunan Betawi. (Instagram/@iko.uwais)

Aktor Indonesia yang sudah go international, Iko Uwais ternyata asli keturunan Betawi. Artis yang juga atlet pencak silat ini memulai kariernya dalam film Merantau sebagai pemuda bernama Yuda asal Minangkabau. Berkat akting dan kemampuan bela diri yang hebat, kariernya semakin melejit. Namanya pun menjadi aktor kebanggaan tanah air yang sudah membintangi beberapa film Hollywood. Tapi sudah tahu belum nama asli Iko Uwais? Nama aslinya adalah Uwais Qorny. Suami Audi Item ini keturunan asli Betawi.

3. Ayudia Bing Slamet

Baca Juga:
Geram Akun Instagram Lenyap, Emma Waroka dan Kim Hawt Lapor Polisi

Nama Asli Artis Keturunan Betawi. (Instagram/@ayudiac)

Artis dan penulis Ayudia Bing Slamet adalah artis keturunan Betawi. Ia adalah keponakan aktor top asal Betawi Adi Ning Slamet. Namanya juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat Jakarta. Ia menikah dengan teman masa kecilnya Ditto. Kini mereka menetap di Bali bersama anak mereka Sekala. Mereka bahkan menuliskan kisah perjalanan cinta mereka lewat sebuah buku, Teman Tapi Menikah. Ternyata nama asli Ayudia Bing Slamet adalah Ayudia Chaerani.

4. Asmirandah

Nama Asli Artis Keturunan Betawi. (Instagram/@asmirandah89)

Siapa sangka artis blasteran Asmirandah ternyata memiliki darah Betawi. Wajahnya yang bule ini membuat banyak orang tidak menduga kalau perempuan bernama asli Asmirandah Zantman ini punya darah Betawi. Ayahnya memang asli Belanda, tetapi ibunya adalah asli Betawi.

Baca Juga:
8 Pesona Palak Tiwari, Heboh Digosipkan Dinner Bareng Ibrahim Ali Khan

5. Zee Zee Shahab

Nama Asli Artis Keturunan Betawi. (Instagram/@zeezeeshahab)

Zee Zee Shahab adalah artis keturunan Betawi. Bahkan pemilik nama asli Fauziah Shahab ini mengambil jurusan Budaya Betawi untuk studi S2. Istri presenter Prabu Revolusi ini memang dikenal akan kecintaannya pada budaya Betawi.

6. Dewi Rezer

Nama Asli Artis Keturunan Betawi. (Instagram/@rezerdewi)

Berwajah bule karena memiliki keturunan Prancis, rupanya Dewi Rezer juga punya darah Betawi. Artis yang memulai kariernya sebagai gadis sampul 1995 ini menjadi salah satu artis keturunan Betawi yang satu ini juga pernah begitu populer pada masanya. Nama asli Dewi Rezer juga khas bule banget dan tak nampak seperti orang Betawi. Nama asli Dewi Rezer adalah Franzezcka Gabriella Dewi Rezer.

7. Rio Febrian

Nama Asli Artis Keturunan Betawi. (Instagram/@riofebrian25)

Penyanyi Rio Ferbian juga berdarah Betawi. Orang tua Rio berasal dari Betawi dan Jawa. Penyanyi berusia 40 tahun ini bernama asli Rio Febrian Samandan. Prestasinya di dunia tarik suara juga tak main-main. Mantan personel grup vocal Berlima ini memiliki suara merdu dengan lagu-lagu hits.

8. Haji Bolot

Komedian Haji Bolot. [capture YouTube Deddy Corbuzier]

Sosok komedian satu ini pasti sudah sangat akrab dengan penonton. Haji Bolot dikenal dengan karakternya yang budeg tapi bisa mendengar dengan baik kalau yang bicara wanita atau tentang uang. Nama asli Haji Bolot rupanya cukup panjang lho. Komedian berusia 79 tahun ini bernama asli Muhammad Sulaeman Harsono.

Prestasi dan popularitas artis keturunan Betawi tadi tidak kalah dengan senior mereka. Nama asli artis keturunan Betawi tadi juga belum terlalu banyak diketahui oleh publik.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More