Ismail | MataMata.com
Profil Reza Arap. (Instagram/ybrap)

Matamata.com - Nama Reza Arap sepertinya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Sebab, dia merupakan konten kreator sekaligus musisi yang tenar di Indonesia.Terlebih bagi mereka yang menyukai e-sport Defense of the Ancients atau DotA 1.

Lelaki bernama asli Muhannad Reza Oktovian itu menjadi bahan perbincangan setelah dirinya menjadi konten kreator tentang permainan di game online.

Namanya kian populer setelah melebarkan sayap ke dunia musik sebagai seorang rapper dengan nama Your Bae atau YB. Salah satu karya musiknya yang mendapat sorotan besar adalah Lathi yang digarap dengan dua rekannya di Weird Genius yang personelnya, Eka Gustiwana dan Billy Taner.

Baca Juga:
Serangan Jantung, Maura Magnalia Anak Nurul Arifin Meninggal di Meja Makan

Reza Arap menikah dengan kekasihnya, Wendy Walters pada tahun 2021 lalu, keduanya menjalani pernikahan secara Buddha seperti agama yang dianut oleh sang istri.

Hal ini menjadi topic pembicaraan, dan banyak yang beranggapan bahwa Reza Arap telah berpindah keyakinan mengikuti keyakinan istrinya. Pasalnya Reza Arap dibesarkan sebagai penganut agama Islam oleh ibunya.

Yuk kenalan lebih dekat dengan YouTuber satu ini, lewat ulasan profil Reza Arap berikut ini:

Baca Juga:
Gaya Makan Rigen Bikin Livy Renata Syok: Terlihat Ada Perbedaan Ekonomi

1. Profil Reza Arap

Profil Reza Arap. (Instagram/ybrap)

Reza Arap lahir di Jakarta pada 15 Oktober 1987 dengan nama lahir Muhammad Reza Octovian. Ia juga memiliki nama Tionghoa yaitu Liang Wen Tian. Saat menyadari bahwa nama lahirnya diambil dari nama nabi umat Islam yang Agung, dia memutuskan untuk menghapus kata Muhammad yang ada di belakang namanya pada tahun 2018 secara legal, kini namanya menjadi Reza Octovian.

Kata Arap disematkan sebagai nama belakang bukan karena ia keturunan Arab. Nama itu merupakan ejekan yang ia terima dari teman-teman nongkrongnya di warnet karena memiliki warna kulit yang berbeda dari teman-temannya.

Baca Juga:
Maura Magnalia Putri Nurul Arifin Meninggal Dunia

Penggemar berat anime Naruto ini lahir dari orang tua yang berbeda keyakinan, ibunya adalah seorang muslim, sedangkan ayahnya adalah pemeluk Kristen yang berdarah Tionghoa Singapura. Darah seni mengalir dari ibunya yang merupakan pengajar tari salsa, sementara sang ayah adalah pengusaha dan pemilik pabrik kapas di Tangerang dan Swiss.

Kedua orang tuanya memutuskan berpisah saat ia masih kecil, saat sang ayah meninggal dunia, Reza Arap mendapatkan warisan berupa mobil dan pabrik, namun Reza Arap menolak warisan tersebut. Ia memutuskan untuk hidup mandiri dan bekerja agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Perjalanan Karier

Baca Juga:
Kim Hawt Ungkap Hacker Instagram-nya dari Depok, Ayah Ojak Bisa Bantu?

Profil Reza Arap. (Instagram/ybrap)

Reza Arap memulai kariernya dengan menjadi pemain e-sport atau game online, Defense of the Ancients atau DotA 1 pada tahun 2003. Kariernya sebagai pemain gama professional ini cukup sukses dan mengantarkannya meraih berbagai prestasi.

Kariernya sebagai YouTuber dimulai pada tahun 2013 walau akun sudah terdaftar sejak tahun 2012. Ia membuka konten tentang segala hal mengenai game.

Kanal YouTube gaming miliknya sudah ditutup dan didonasikan untuk Yayasan Anyo Indonesia sebuah yayasan peduli penyakit kanker anak pada bulan September 2018.

Tak berselang lama, Reza Arap kembali membuka kanal YouTube baru dengan nama nama YB. Sejak itu, kariernya sebagai seorang musisi menjadi semakin serius. Sebelumnya di tahun 2016, ia memang membuat grup music bergenre EDM, synth-pop, dan pop electro dengan dua orang rekannya Eka Gustiwana dan Billy Taner. Grup musiknya ini bernama Weird Genius yang meraih kesuksesan dan atensi besar berkat lagu mereka yang berjudul Lathi.

Kariernya sebagai musisi kian mantap, ia juga sudah merilis total 9 lagu solo sejak tahun 2018 hingga 2021. Selama berkarier solo Reza Arap memakai nama Rapyourbae dan juga YB. Kemampuannyaa di dunia music membuat anak perusahaan YG Entertainment, Gushcloud mengontraknya untuk menjadi co-pemilik PLUSS sebuah label music berbasis Asia pada tahun 2018.

3. Bisnis Reza Arap

Profil Reza Arap. (Instagram/ybrap)

Tak hanya menjadi YouTuber dan musisi, Reza Arap juga menjadi pengusaha dengan membuka berbagai bisnis. Ia memiliki bisnis yang didirikan dengan dua orang putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep serta Chef Arnold. Bisnis mereka ini memiliki beragam produk yang ditawarkan, termasuk warnet bernama Tokyo Gaming Space yang berisikan seratus komputer berspesifikasi tinggi yang ada di lantai tiga dan empat Kaesang Gallery.

Selain itu, Reza Arap pun mempunyai bisnis merchandise untuk penggemarnya, dan clothing line bernama Your Bae. Bisnis-bisnis tadi, menjadi sumber penghasilan Reza Arap.

4. Perjalanan Religius

Profil Reza Arap. (Instagram/ybrap)

Reza Arap dibesarkan dengan ajaran agama Islam oleh ibunya, namun ia juga mengenal agama Kristen yang juga dianut oleh ayahnya. Hal ini karena selama TK hingga SMA, ia bersekolah di sekolah Kristen. Dua agama besar tersebut Reza Arap pelajari sejak kecil dan ia pun menemukan bahwa dua agama tersebut sangat luar biasa.

Apalagi agama Islam adalah agama yang indah, hal ini pernah ia ungkap saat hadir dalam YouTube Deddy Corbuzier. Kendati begitu, Reza Arap justru memilih untuk menghapus kata Muhammad dalam namanya. Baginya kata agung yang diambil dari nama nabi itu berat untuk ia sandang. Dia pun memutuskan untuk menghapusnya pada tahun 2018.

Reza Arap tidak hanya mempelajari agama Islam dan Kristen, ia juga mempelajari beberapa agama lain termasuk Hindu dan Buddha. Namun ia mengaku tidak memilih satu di antara agama-agam tersebut.

Namun, saat menikah dengan Wendy Walters pada tahun 2021, ia menjalani prosesi pernikahan secara Buddha yang menegaskan bahwa kini ia beragama Buddha. Keputusan Reza pindah agama ini Wendy akui bukan karena pernikahan. Sebab Reza memang menyukai belajar agama apapun. Jadi saat memutuskan untuk menikah, Reza Arap sendiri yang mengaku ingin ikut menjadi penganut agama Buddha.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More